Sering Diabaikan, Berikut Penjelasan Singkat Menjawab Azan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Kilasriau.com - Kamu pasti sering mendengar lantunan suara azan baik itu saat bepergian, berada di rumah serta di tempat lainnya.

Terkadang dari kamu jika mendengar suara azan tidak melakukan apa-apa dan terus melakukan aktifitas.

Padahal dalam ajaran Islam jika mendengarkan suara azan dianjurkan untuk menjawabnya (mengikuti), bershalawat, dan berdoa setelahnya.

Oleh karena itu, saat mendengarkan azan dianjurkan menjawab dan ini tertera di dalam hadis dari kitab Bulughul Maram dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, di mana ia berkata bahwa Rasulullah ? pernah bersabda.

“Jika kalian mendengar azan, ucapkanlah seperti yang diucapkan muazin.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, dalam riwayat lain memukakan bahwa menjawab azan dengan mengucapkan sebagaimana yang diucapkan muazin satu demi satu, kecuali pada kalimat hay’alatain (hayya ‘alash sholah dan hayya ‘alal falah), hendaklah mengucapkan, “laa hawla wa laa quwwata illa billah” (artinya: Tidak ada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah).

Sementara itu, untuk azan subuh, ketika mendengar kalimat “As shalaatu khairum minan nawm”, maka cara menjawab azan yang benar adalah dengan melafalkan, Shadaqta wabararta wa anaa ‘alaa dzaalika minasy syaahidiina

Artinya: Benar dan baguslah ucapanmu itu dan akupun atas yang demikian termasuk orang-orang yang menyaksikan. riwayat Muslim

Semoga ilmu hari ini bermanfaat untuk kamu dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.**






Tulis Komentar