Amien Rais Dikawal 300 Pengacara dan 500 Massa 212, Begini Reaksi Wakapolri

Amien Rais

KILASRIAU.com - Ratusan pengacara dan massa dari berbagai organisasi masyarakat berencana turun ke jalan untuk mengawal pemeriksaan terhadap mantan Ketua MPR Amien Rais di Polda Metro Jaya.

Amien Rais diperiksa sebagai saksi dalam kasus penyebaran hoax Ratna Sarumpaet, Rabu (10/10/2018).

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, boleh-boleh saja massa memberikan dukungan kepada Amien. Namun, Ari mengingatkan massa yang akan turun ke jalan agar paham batasan-batasan yang ada sehingga tidak mengganggu masyarakat.

“Segala sesuatunya harus bisa berjalan aman, lancar, aspirasi bisa tersampaikan dan yang lebih penting tidak mengganggu kegiatan masyarakat yang lain,” kata Ari seperti dikutip JPNN.com, Selasa (9/10).

Saat disinggung soal penanganan kasus Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya, Ari Dono memastikan anak buahnya bekerja sesuai prosedur.

Mantan kepala Bareskrim Polri itu menegaskan, polisi tentu punya dasar untuk memeriksa saksi termasuk Amien.

“Saya sampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan itu berangkat dari hasil pemeriksaan sebelumnya, ada bukti nggak di situ, lalu dikembangkan,” tandas dia.

Lantas, apakah akan ada tersangka baru dalam kasus Ratna? Ari belum bisa memastikannya. “Itu nanti tergantung dari proses perkembangan penyidikan,” tegas dia.

Sebelumnya, Amien Rais memastikan diri memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus hoax Ratna Sarumpaet, Rabu (10/10/2018).

Akan tetapi, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu dipastikan tak akan datang sendirian. Ia akan didampingi oleh setidaknya 300 advokat dari kubu Prabowo-Sandi.

Selain itu, sampai sejauh ini, 500 orang dari Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) disebut akan ikut mengawalnya. Angka itu juga bisa bertambah.

Ketua DPP PAN Ali Taher Parasong menilai pengawalan itu adalah sebuah hal yang wajar.

Alasannya, Amien adalah tokoh bangsa. Mantan ketua umum PP Muhammadiyah itu juga selalu memiliki gagasan yang baik untuk bangsa Indonesia.

“Bangsa Indonesia seharusnya bersyukur masih ada Amien Rais karena ide murni dan gagasannya yang selama ini beliau tawarkan sangat baik,” kata Ali Taher di komplek DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).






Tulis Komentar