PT IKPP Resmikan Program Magang Industri Bagi Alumni Perguruan Tinggi Dan SMK Di Riau, Ini Kata Kadisnakertrans Riau

SIAK, Kilasriau.com - Terhitung sebanyak 41 orang alumni  dari 3 Universitas, 2 Politeknik dan SMK di Riau mengikuti program Magang Industri  yang ditaja oleh PT Indah Kiat Pulp and Paper, Perawang, Jum'at (19/04/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Riau  H.Boby Rachmat. S.STP.M.Si yang di dampingi oleh Kadisnaker Kabupaten Siak, Syaifullah, S.IP, manajemen PT. IKPP dan Pindodeli Mettayani dan Rusmanto, para dosen pendamping peserta dari universitas dan Politeknik.

Program Magang Industri merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengutamakan praktik dari pada teori pembelajaran dengan rasio 70% praktik dan 30% teori.

Program ini digagas guna melahirkan sumber daya manusia yang unggul, terampil dan kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

"Ini adalah momen bersejarah bagi Provinsi Riau, kenapa bersejarah? Karena momen ini lahir dari hubungan yang baik antara pemerintah daerah, universitas dan juga perusahaan untuk putra putri Riau di dalam pengembangan pendidikan di dunia industri," ungkapnya.

Mantan Kadispora Riau itu juga berharap, agar para peserta magang ini dapat pembelajaran dan pembekalan selama mengikuti program ini dengan baik, agar dapat membiasakan diri jelang memasuki dunia industri.

"Pembekalan ini sangat penting untuk adik-adik kita ini jelang memasuki dunia industri, dan kita harap adik-adik yang beruntung ini dapat mengikuti program ini dengan baik, agar selepas mengikuti program ini adik-adik semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berkontribusi di dalam dunia industri," ucapnya.

Kadisnakertrans Riau itu pun mengucapkan terimakasih kepada PT IKPP yang telah menggelar program Vokasi dual system ini. Ia berharap dengan program ini dapat melahirkan putra-putri Riau yang berhasil dengan kompetensi yang dimiliki di Dumai industri.

"Kedepannya program yang ditaja PT IKPP ini kita harap juga akan diterapkan di berbagai Perusahaan industri lainnya di Riau. kita akan membuat MoU dengan beberapa korporasi lainnya agar adik-adik kita yang lainnya juga dapat mengikuti program serupa," pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan PT IKPP melalui Public Affair Head PT IKPP Perawang, Armadi mengatakan, tantangan pendidikan vokasi ke depan harus kolaboratif dan kompeten, guru dan dosen bisa menempatkan diri sebagai fasilitator, dan pelatihan yang berorientasi kepada Dunia Industri.

Ia menuturkan, kegiatan Vokasi ini dalam rangka menyiapkan SDM yang kompeten dan unggul di industri (link and match).

“Kita menyelenggarakan magang industri ini dengan durasi 1 tahun, memiliki program kurikulum yang jelas dan sistematis dengan target kompetensi yang ingin dicapai melalui tahapan evaluasi secara periodik hingga akhir program,” ujarnya.

Ia pun berharap, para peserta dapat mengikuti program ini dengan serius agar ilmu yang didapat selama menjalani kegiatan bisa menjadi bekal untuk para peserta saat menghadapi dunia industri kedepannya.

"Selamat mengikuti magang, seraplah ilmu dengan baik, semoga adik-adik kita ini menjadi putra putri terbaik yang memiliki kompetensi dan kemampuan yang mumpuni di dunia industri," harapnya.

Usai meresmikan kegiatan tersebut, Kadisnakertrans Riau beserta tamu undangan lainnya melakukan safari industri dengan mengunjungi lokasi-lokasi produksi terbaik yang dimiliki oleh PT IKPP.






Tulis Komentar