Lepas Kelulusan, SMK Yamatu Tualang Gelar Perpisahan Dihadiri Bupati Siak

Tualang, KILASRIAU.com - SMK Yamatu Tualang gelar perpisahan dalam rangka pelepasan dan pengembalian siswa siswi tingkat XII angkatan ke-19 tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan tersebut digelar dilapangan upacara SMK Yamatu Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Senin pagi (22/04/2024).

Acara tersebut tampak dihadiri oleh Bupati Siak Drs.H.Alfedri,M.si, Camat Tualang Mursal,S.sos, Kapolsek Tualang yang diwakili oleh Panit Binmas Polsek Tualang Ipda Sugeng Mishari,SH, Korwil UPTD Kecamatan Tualang Zahroni,M.Pd, Kepala Sekolah SMK Yamatu Rustami,S.Sos,M.Pd beserta jajaran dan seluruh tamu undangan yang hadir.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dan serangkaian acara selanjutnya di pandu oleh MC. Dalam kegiatan itu selain pemberian medali kelulusan, siswa dan siswi SMK Yamatu Tualang yang berprestasi diberi penghargaan.

Dalam sambutannya Bupati Siak Drs.H.Alfedri,M.si mengucapkan selamat atas kelulusan siswa siswi dan mengapresiasi pengelolaan pendidikan di SMK Yamatu Tualang.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak kami mengucapkan selamat atas kelulusan siswa siswi dan mengapresiasi pengelolaan pendidikan di SMK Yamatu ini, tadi disampaikan ada 4 jurusan, ada jurusan Teknik Mesin kemudian Listrik, Elektro dan juga Perkantoran. Ini sangat dibutuhkan didunia kerja atau pasar kerja, karna memang anak-anak kita ini masuk ke SMK agar bisa menyiapkan tenaga-tenaga terampil, tenaga skil, yang bisa memasuki dunia usaha atau industri. Karna negara kita ini termasuk Siak banyak kegiatan ekonomi, investasi dan dengan perkembangan ini membutuhkan tenaga kerja yang sesuai dengan kopetensi yang dipersyaratan atau yg diminta oleh perusahaan atau dunia usaha," ucap Bupati Siak.

Alfedri juga menambahkan, kebijakan pemerintah adalah sekolah kejuruan ini harus lebih banyak dari pada sekolah umum.

"Sekolah kejuruan ini harus lebih banyak dari pada sekolah umum, karna sekarang ini yang banyak dimeminta itu yang bisa langsung bekerja. Maka dari itu bapak ibu beruntung menyekolahkan anak di SMK Yamatu yang sudah memiliki sertifikasi kopetensi dan sangat tepat memilih pendidikan di SMK Yamatu ini," pungkasnya.

Kepala Sekolah SMK Yamatu Tualang Rustami,S.sos,M.Pd dalam sambutanya mengatakan, acara ini digelar dalam rangka pelepasan serta pengembalian kepada orang tua siswa, yang berjumlah 151 orang.

"Dalam rangka pelepasan serta pengembalian siswa siswi SMK Yamatu kepada orang tuanya yang berjumlah 151 orang, kemudian kami sampaikan juga jumlah keseluruhan siswa siswi kita berjumlah 426 orang. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya memang berkurang, mungkin karna banyak sekolah-sekolah baru, dulu ingat saya pada tahun 2016 berjumlah 800 lebih bapak/ibu," ujar Rustami,S.sos,M.Pd.

Iya juga menambahkan, di SMK Yamatu Tualang terbagi 4 jurusan yaitu jurusan Teknik mesin kemudian jurusan Tenaga Listrik, jurusan Elektro serta Perkantoran.

"Di SMK Yamatu Tualang terbagi 4 jurusan yaitu jurusan Teknik mesin kemudian jurusan Tenaga Listrik, jurusan Elektro serta Perkantoran. Sekolah kita ini adalah sekolah vokasi bapak/ibu, jadi setelah tamat bisa bekerja dan juga bisa melanjutkan kejenjang yg lebih tinggi. Dan beberapa dari anak-anak kita ini sudah dilamar oleh PT.Capella motor, saya ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada bapak Bupati yang sempatkan hadir disela kesibukan bapak," tutup Kepala Sekolah SMK Yamatu Tualang.

Satu persatu rangkain acara berlalu, terlihat raut wajah sedih dan haru disertai tangisan dari siswa siswi SMK Yamatu Tualang saat menyanyikan lagu-lagu perpisahan disesi akhir acara dan ditutup dengan sungkeman kepada guru-guru serta sesi foto-foto.






Tulis Komentar