Hirsutisme, Saat Rambut Tumbuh di Seluruh Tubuh anda

Ilustrasi hirsutisme. Foto: Thinkstock

KILASRIAU.com - Bagi wanita,  rambut yang tumbuh lebat di kaki dan tangan kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan percaya diri.

Namun, ada jadinya jika wanita mengalami hirsutisme seperti yang dialami Dana asal Oregon, Amerika? Dana mulai mencukur habis semua rambut di tubuhnya sejak usia 8 tahun. Pada usia 12 tahun, Dana juga mencabuti alis dan rambut yang tumbuh di atas bibirnya seperti kumis.

Dana menerima diagnosa hirsutisme dua tahun lalu, saat dia mengunjungi dokter ahli kandungan dan kebidanan untuk cek tahunan. Menurut Dana, dokter yang memeriksanya kaget dengan rambut yang tumbuh di perut dan leher. Dokter langsung menyarankan Dana cek hormon untuk mengetahui kondisi yang dialaminya.

"Diagnosis ini telat karena saya selalu merasa tidak nyaman sejak masih sekolah. Namun diagnosa ini membantu saya untuk lebih menerima diri sendiri. Apalagi partner saya Steve sangat mendukung untuk tidak lagi mencukur seluruh rambut hanya karena penampilan. Saya juga membagikan pengalaman ini lewat media sosial," ujar Dana dikutip dari Daily Mail.

Hirsutisme yang biasanya dialami wanita, adalah istilah untuk rambut yang tumbuh berlebihan di area tertentu. Area ini adalah wajah, leher, dada, perut, punggung bagian bawah, paha, dan pusar. Hirsutisme disebabkan kelebihan hormon pria yang disebut androgen atau tubuh yang terlalu peka dengan jenis protein tersebut. Pada pria, tumbuhnya rambut di areal tersebut adalah hal biasa.

Hingga saat ini, sudah 2 tahun Dana memutuskan tak lagi mencukur habis semua rambut di tubuhnya. Menurut penata rambut ini awalnya tidak mudah, karena dia merasa krisis percaya diri. Dana juga takut ditinggalkan Steve karena penampilannya jauh dari wanita kebanyakan.

Namun, Dana selalu diyakinkan Steve jika dia selalu terlihat cantik meski ditumbuhi rambut. Perkataan Steve menguatkan Dana untuk menerima dirinya sendiri. Dana tak lagi mencukur habis, atau mencoba metode yang paling efektif untuk menghilangkan rambut. Dana hanya mencukur seperlunya tanpa takut dihakimi lingkungan sekitar. 






Tulis Komentar