Ayo Ke Kuansing...!!!

Pacu Jalur Mini Sukaraja, Bentuk Persatuan dan Jalin Silaturahmi

https://youtu.be/RonBu_Me9HQ

KUANTAN SINGINGI - Dalam rangka membentuk persatuan dan menjalin silaturrahmi, serta melanjutkan program rutin Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu, yakni Festival Pacu Jalur Mini, yang akan dilaksanakan pada hari jumat s/d minggu (03 s/d 5 juni 2022), di objek wisata telaga dapur umum desa sukaraja kecamatan Logas Tanah Darat, kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

https://youtu.be/RonBu_Me9HQ

Giat Festival Pacu Jalur Mini yang digelar Pemerintah Kabupaten ini akan dibuka langsung oleh Plt Bupati kabupaten Kuantan Singingi Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM besok pagi Jum'at pukul 08.30 WIB, dimana peserta pacu jalur mini ini akan diikuti oleh seluruh kecamatan se kabupaten Kuantan Singingi, bahkan juga akan ikutserta dari kabupaten tetangga, Indragiri Hulu (Inhu).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kuansing Solehudin, S.Sos yang tidak terlepas dan ikut mensukseskan acara tersebut mengatakan, bahwa giat Festival Pacu Jalur Mini yang akan digelar ini merupakan pacu jalur yang sudah sejak tahun 2018 lalu, namun karena covid 19 melanda, dua tahun belakangan ini tidak diselenggarakan.

"Alhamdulillah tahun ini 2022, kembali digelar Pacu Jalur Mini di objek wisata telaga dapur umum Sukaraja. Mudah-mudahan ini akan berlanjut. Ini juga menjadi ajang silaturrahmi bagi masyarakat Kuantan Singingi, yang mana beberapa tahun ini pacu jalur mini di Sukaraja tidak diselenggarakan karena covid." begitu kata Solehudin saat dikonfirmasi pewarta Kilasriau.com Kamis (02/06/2022) pagi.

https://youtu.be/RonBu_Me9HQ

"Pacu Jalur ini juga sudah menjadi kebudayaan kita di Kuantan Singingi," ungkap Solehudin nan kerap disapa mas Soleh yang berdarah jawa ini.

Beliau (mas Soleh.red) juga menyampaikan bahwa, pacu jalur mini yang digelar di objek wisata telaga dapur umum Sukaraja ini adalah festival pacu jalur yang memperebutkan piala bergilir dari Plt Bupati.

"Ya, pacu jalur ini merebutkan piala bergilir Plt Bupati," kata Mas Soleh menyampaikan.

"Jangan melihat hadiah atau tropinya..., tapi lihatlah persatuan, kekompakan, dan kebersamaan serta nilai silaturahminya. Itu harapan saya," demikian Solehudin, S.Sos, anggota DPRD Kuansing menyampaikan.

Di tempat yang berbeda, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Drs. Azhar, MM.,CPM mengatakan, dengan digelarnya pacu jalur mini di telaga dapur umum Sukaraja ini yang merupakan program rutin pemerintah adalah untuk pemersatu masyarakat kabupaten Kuantan Singingi yang sudah dua tahun tidak diselenggarakan karena covid 19.

https://youtu.be/RonBu_Me9HQ

Dalam hal ini juga, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kuansing, Drs. Azhar, MM.,CPM juga mengatakan bahwa pada tahun inilah semua pacu jalur kembali dilaksanakan. 

"Berawal dari beberapa waktu lalu, Parahu Baganduang. Kemudian besok pagi pacu jalur mini di Sukaraja, awal Agustus nanti Pacu jalur Kabupaten di Kuantan Mudik, event Kebudayaannya di Kuantan Hilir, dan nanti akan ditutup pada event Nasional di Ibu Kota Kabupaten, tepatnya di kecamatan Kuantan Tengah. Di Teluk Kuantan, pada tanggal 21 sampai tanggal 24 Agustus 2022" kata Azhar membeberkan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk pacu jalur mini di desa Sukaraja mari bersama-sama kita menghadiri dan menyaksikan pacu jalur ini. Di samping ajang silaturrahmi, kita meriahkan sebagai acara kebudayaan kita," ucap Azhar.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada masyarakat desa Sukaraja bahwa masyarakat ekstran merasa memiliki budaya dan tradisi Kuantan Singingi, yang mana pacu jalur ini adalah merupakan milik bersama termasuk milik warga masyarakat desa sukaraja dan sekitarnya. Meski warga masyarakat desa Sukaraja dan sekitarnya mayoritas etnis suku jawa, akan tetapi karena memiliki rasa kebersamaan dan rasa memiliki, ini patut kita apresiasi," demikian di ungkapkan Kadis Parbud Kuansing Drs. Azhar, MM.,CPM menyampaikan.

https://youtu.be/RonBu_Me9HQ

Ketua Panitia Pelaksana Festival Pacu Jalur Mini Sukaraja, Ampion mengatakan, kegiatan pacu jalur mini di sukaraja diperkirakan mencapai ratusan lebih sampan (jalur) yang ikut serta dalam festival yang akan digelar.

"Iya om, yang sudah daftar ke panitia sekarang (sekira pukul 14:00WIB. Kamis 02/06/2022) sekitar puluhan jalur (sampan) dari beberapa kecamatan, yaitu kecamatan Inuman, Basrah, Seberang basrah, Pangean, Logas Tanah Darat, Benai, Kuantan Mudik, Gunung Toar," kata Ampion menerangkan.

"Bahkan juga ada yang dari Inhu, om. Sekitar tiga buah sampan yang sudah masuk daftar," Imbuhnya.

Ampion yang juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana Festival Pacu Jalur Mini di Telaga Dapur Umum Sukaraja berharap, kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Semoga kegiatan ini terlaksana dengan aman, lancar dan sukses, om," demikian Ketua Panitia Pelaksana Festival Pacu Jalur Mini di Telaga Dapur Umum Sukaraja, Ampion berharap.

Warga masyarakat tempatan, mas Mul mengatakan, "meskipun kami orang jawa bang, kami tetap semarakkan pacu jalur ini, yang sudah menjadi tradisi dan budaya di Kuantan Singingi. Toh kita juga orang Kuansing kan..?? Jadi apapun yang menjadi tradisi dan budaya di Kuansing, juga menjadi tradisi dan budaya kami juga..," begitu dikatakan mas Mul dengan bangganya.

https://youtu.be/RonBu_Me9HQ

"Ini sudah menjadi darah daging kami juga bang, salam kayuah," imbuh mas Mul sembari bergaya bak anak pacu mendayung sampan dengan semangat.

Diketahui juga Festival Pacu Jalur Mini yang diadakan di Telaga Dapur Umum desa Sukaraja, kecamatan Logas Tanah Darat (LTD), kabupaten Kuantan Singingi, Riau ini, adalah hasil dari Pokok-pokok Pikiran (Pokir) melalui pak Solehudin, S.Sos dan juga pak Darwis, ST, yang merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota dewan agar diperjuangkan di pembahasan RAPBD.**






Tulis Komentar