Real Madrid kalah di Markas Valencia

KILASRIAU.com - Real Madrid menderita kekalahan pertama di era kedua Zinedine Zidane. Bertandang ke markas Valencia dalam laga Liga Spanyol, Madrid kalah dengan skor akhir 1-2.

Memainkan pertandingan di Stadion Mestalla, Kamis (4/4/2019) dinihari WIB, Madrid tertinggal di paruh pertama. Goncalo Guedes mencetak gol pertama Valencia di menit ke-35.

Di paruh kedua, Madrid kesulitan keluar dari tekanan Valencia. Namun, gol kedua tuan rumah baru hadir saat pertandingan memasuki 10 menit terakhir yang diciptakan oleh Ezequiel Garay. Setelahnya, Karim Benzema menciptakan gol hiburan bagi Los Blancos di akhir injury time.

Kekalahan ini menyudahi masa 'bulan madu' Zidane dengan El Real. Sejak ditunjuk kembali menggantikan Santiago Solari, Zidane telah memimpin Madrid di tiga pertandingan, di mana dua sebelumnya selalu menang (vs Celta Vigo 2-0 dan Huesca 3-2).

Dengan demikian, Madrid gagal memangkas jarak dengan Atletico Madrid di posisi kedua. Kini, El Real di urutan ketiga dengan perolehan 57 poin, selisih lima poin dari Atletico sedangkan Valencia naik ke urutan kelima usai mengumpulkan 46 poin.

Jalannya Pertandingan Valencia melakukan pressing ketat kepada Real Madrid. Di menit ketujuh, Madrid mengklaim penalti setelah Sergio Ramos dilanggar Ezequiel Garay. Namun, wasit tetap meneruskan pertandingan.

Madrid masih kesulitan membangun ritme karena Valencia banyak melakukan pelanggaran. Setelah Madrid berangsur-angsur mendapatkan bentuk permainannya, Valencia justru yang menciptakan peluang pertama saat operan Rodrigo justru mengarah kepada Marcelo di menit ke-20.

Madrid menguji Neto untuk pertama kali pada dua menit kemudian. Tendangan voli Toni Kroos dari luar kotak penanalti masih mudah diselamatkan si kiper.

Giliran Valencia mengklaim penalti saat laga bergulir 34 menit. Diawali dari sebuah umpan silang yang jatuh di dalam kotak penalti mengenai lengan Ramos, tapi lagi-lagi wasit tidak tertarik.

Hanya semenit kemudian, Valencia mengejutkan Madrid. Goncalo Guedes membuka keunggulan Valencia. Bekerja sama satu-dua dengan Carlos Soler, Guedes melepaskan tembakan kaki kanan. Keylor Navas menebak arah bola dengan benar tapi tak mampu menahannya. Valencia memimpin 1-0.

Valencia terus menekan Madrid. Umpan silang Soler diteruskan Kevin Gameiro, tapi tembakannya meleset. Geoffrey Kondogbia melanjutkan dengan tendangan jarak jauh namun bola masih melayang tipis dari gawang Navas. Sepakan melengkung Rodrigo juga belum membuahkan hasil.

Baca juga: Zinedine Zidane: Tak Sopan Bicarakan Bersih-Bersih Real Madrid Sekarang

Menjelang turun minum, kombinasi Marco Asensio dan Karim Benzema cuma menciptakan percobaan lemah. Neto dengan mudah bisa mengantisipasi.

Usai half-time, Madrid belum menemukan cara untuk membongkar pertahnan Valencia. Tim tuan rumah justru menciptakan peluang lain di menit ke-54.

Dalam situasi dua lawan dua, umpan Dani Parejo gagal dimanfaatkan dengan sempurna oleh Soler. Akibat ragu-ragu Soler terlalu lama menahan bola yang memungkinkan Navas menutup sudut menembak sebelum melakukan penyelamatan.

Valencia nyaris menambah keunggulan di menit ke-61. Dari sisi kanan, Rodrigo meloloskan diri dari penjagaan Ramos sebelum melepaskan tembakan keras ke arah tiang jauh tapi bola masih melebar tipis.

Untuk menambah daya dobrak Madrid, pelatih Zinedine Zidane memasukkan dua pemain depan langsung yaitu Karim Benzema dan Gareth Bale. Meski begitu, keduanya tidak mampu menciptakan dampak instan.

Baru di menit ke-80, Madrid bisa menciptakan peluang berbahaya lagi. Pemain pengganti Isco mengirim umpan silang yang ditanduk Ramos di kotak penalti, tapi bola masih melenceng.

Malah tiga menit kemudian, Madrid kebobolan kembali sehingga Valencia kini memimpin 2-0. Diawali dari tendangan sudut Dani Parejo, bola melucur ke tengah kotak penalti untuk diselesaikan Garay dengan sundulan yang menaklukkan Navas.

Madrid mulai kehabisan waktu. Di masa injury time, Madrid dihadiahi penalti setelah Ramos dijatuhkan Kondogbia saat akan menerima umpan silang Marcelo. Namun, setelah pemeriksaan melalui VAR wasit membatalkan karena Ramos sudah offside lebih dahulu.

Madrid akhirnya mampu menciptakan gol hiburan. Benzema menembus gawang Valencia usai memaksimalkan tendangan sudut Luka Modric untuk mengubah skor menjadi 1-2.

Susunan Pemain
VALENCIA: Neto, Garay, Jose Gaya, Diakhaby, Wass, Dani Parejo, Kondogbia, Guedes (Cheryshev 73'), Carlos Soler (Torres 80'), Gameiro (Santi Mina 85'), Rodrigo

REAL MADRID: Navas, Ramos, Marcelo, Varane, Odriozola, Modric, Kroos (Isco 64'), Casemiro, Vazquez (Mariano Diaz 78'), Asensio (Bale 61'), Benzema






Tulis Komentar