Saat Bujang Gaga Dubalang Itam Dilayur, Masyarakat Cerenti: Kami Do'akan 2024 Suhardiman Amby Bupati Kuantan Singingi Lagi

foto: Saat 'Bujang Gaga Dubalang Itam' Dilayur

 

CERENTI, KUANSING — Agenda pelaksanaan Pacu Jalur Event di Kabupaten Kuantan Singingi, hanya ada 3 yang akan dilaksanakan pada Agustus setiap tahunnya, yaitu di Tepian Saidina Ali Kuantan Mudik yang akan dilaksanakan pada 1-10 Agustus, di Tepian Lubuok Sobae Basogha Kuantan Hilir pada 11-20 Agustus, serta di Tepian Narosa Teluk Kuantan pada 21-30 Agustus.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Kuantan Singingi Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM saat memberikan arahan ketika menghadiri pelayuran jalur baru "Bujang Gaga Dubalang Itam" Desa Pulau Panjang Cerenti, Ahad (27/11/2022) malam di Desa Pulau Panjang, Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

“Ini akan mulai kita berlakukan sejak 1 Januari 2023 akan datang, dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan lagi atau promosikan lebih luas lagi kebudayaan tradisional kita Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi hingga ke manca negara,” ucap Suhardiman Amby.

Sementara untuk kecamatan yang lainnya akan dikemas dalam rangka memeriahkan hari besar kalender nasional, misalnya dalam rangka hari pahlawan dan sebagainya.

“Dimana nantinya kita juga akan membuat website khusus untuk promosi tentang kebudayaan yang akan mengundang turis atau wisatawan ke daerah kita ini, pacu jalur ini akan kita kemas dengan sebagus mungkin dan memiliki tujuan destinasi wisata lainnya, sepaket sehingga mampu menarik perhatian wisatawan nantinya,” ungkap Shardiman.

Plt Bupati Suhardiman Amby menghimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa mendukung seluruh program perencanaan daerah, termasuk dalam mempromosikan kebudayaan yang layak jual sehingga mampu mendatangkan wisatawan nantinya.

“Kami tidak akan bisa bekerja sendiri, untuk itu mari kita dukung dan sukseskan bersama program pemerintah daerah dalam memajukan Kabupaten Kuantan Singingi kedepannya,” himbau Suhardiman.

"Secara tidak langsung akan terjadi peningkatan perekonomian bagi masyarakat Kuansing," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Desa (Kades) Pulau Panjang Cerenti Dedeng Maika Putra, ST menyampaikan, bahwa dalam proses pembuatan jalur baru "Bujang Gaga Dubalang Itam" itu hanya bermodalkan keyakinan dan kecintaan terhadap pacu jalur yang merupakan kebudayaan Kabupaten Kuansing.

“Dalam proses pembuatan jalur baru ini pak Bupati Suhardiman Amby, kami tidaklah punya modal yang cukup, namun inilah wujud kecintaan kami terhadap kebudayaan dan daerah kita ini, dalam melestarikan kebudayaan daerah Kabupaten Kuantan Singingi,” ucapnya.

Untuk itu, Kades Pulau Panjang Cerenti yang akrab disapa Dedeng itu menyampaikan, atas nama masyarakat ia berharap adanya bantuan untuk pembiayaan pembuatan jalur baru tersebut, dimana saat ini masih kekurangan anggaran dana.

Dengan demikian, Plt Bupati dengan sigap mengajak seluruh jajarannya dan juga unsur masyarakat lainnya, baik itu TNI maupun Polri turut serta dalam melestarikan kebudayaan Kabupaten Kuansing.

Suhardiman Amby berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 37,5 juta dari hasil sumbangan bersama yang dimulai dari dirinya pribadi sebesar Rp 10 juta. Kemudian dari para Pejabat Kuansing (Kepala OPD .red) terkumpul sebesar Rp 10 juta.

Menyusul bantuan dari 2 orang Putra Jati Cerenti yang kini tengah duduk di singgasana parlemen Kuansing, yakni Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kuansing Zulhendri, SPWK sebesar Rp 5 juta dan Ketua Fraksi PKB DPRD Kuansing Aswimar, SE.,ME sebesar Rp 5 juta.

Kemudian disusul oleh Erdiansyah yang kini merupakan Kadissos PMD Kuansing sebagai Putra Jati Cerenti tak mau kalah, turut menyumbang dana dengan besaran Rp 5 juta. Diikuti pula oleh Sekcam Kuantan Hilir Agus Supriyanto sebesar Rp 500 ribu.

Selanjutnya, bantuan juga datang dari Sang Owner SPBU Pesikaian Cerenti, Rustam, sebesar Rp 1 juta, dan dari Anggota DPRD Kuansing Hj Juniwarti Halim sebesar Rp 1 juta.

Dengan telah terkumpulnya dana untuk jalur baru "Bujang Gaga Dubalang Itam" Desa Pulau Panjang Cerenti itu, dengan total jumlah keseluruhan Rp 37,5 juta, masyarakat Cerenti mengucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby.

“Terimakasih pak Bupati Suhardiman Amby, kami doakan 2024 Suhardiman Amby Bupati Kuantan Singingi lagi,” demikian ucap masyarakat Cerenti serentak diiringi gemuruh tepukan tangan penuh kebahagiaan.(**)






Tulis Komentar