Hari Ini Harga Bahan Pokok Cabe merah Besar dan Cabe Keriting Per Kilonya Capai Rp. 40.000, - 60.000

KILASRIAU.com - Hari ini Pantau harga jual bahan pokok di Pasar Selodang Kelapa (Pasar Terapung) Tembilahan mengalami kenaikan, Kamis  (23/1/2020).

Kepala Seksi Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok dan barang penting Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disprindag) Kabupaten Inhil, Ifdiarman saat di konfirmasi KILASRIAU.com mengatakan bahwa harga barang pokok hari ini dalam ada beberapa yang mengalami kenaikan cukup tinggi.

"Untuk hari ini harga bahan pokok di Pasar Selodang Kelapa (Pasar Terapung) Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengalami kenaikan diantaranya Cabe Mera besar per kilonya mencapai Rp. 40.000 dan  Cabe Merah Kering per kilonya mencapai  Rp. 60.000," kata Ifdiarman S Sos.

Kepala Seksi Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok dan barang penting Disprindag Inhil menututurkan bahwa dari dua komoditi tersebut yang mengalami penurunan pada hari ini yaitu cabe merah rawit merah mengalami penurunan di pengecera sebesar 5%.

"Ya, terdapat 1 komoditi yang mengalami penurunan yaitu cabe rawit, mengalami penurunan di tingkat pengecer sebesar 5%, dan untuk bahan pokok lainnya mengalami kenaikan dengan signifikan," tuturnya.

Kepala Seksi Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok dan barang penting Disprindag Inhil menututurkan faktor-faktor yang mendasar kenaikan harga bahan pokok ini ialah terjadi karena biaya transportasi atau biaya distribusi yang mengalami kenaikan.

"Kabupaten Inhil untuk bahan pokok sangat tergantung dari luar seperti dari Kepri, Jambi, Sumatra Barat dan lain sebagainya. Maka harga bahan pokok di Inhil sangat berpengaruh terhadap biaya Transporasi dan Distribusi. Jadi, apabila mengalami kenaikan mungkin diluar daerah tersebut mengali gagal panen, jalur transportasi yang terputus dan lain-lainnya. Kita juga bersyukur hari ini bahan pokok stabil dan semuanya stok ada," tutupnya.






Tulis Komentar