Budidaya Kepiting Soka Sebagai Alternatif Pendapatan Masyarakat Nelayan

KILASRIAU.com – Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi sebagai bentuk kehadiran institusi pendidikan tinggi di tengah-tengah kehidupan masyarakat dalam memecahkan isu-isu pokok/utama melalui penerapan riset-riset yang tekah teruji.

Di ketahui bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada 23 Maret lalu itu, yang mana kegiatan pengabdian masyarakat, Fakultas Pertanian Program Studi Budidaya Perai (BDP) Universitas Islam Indragiri (Unisi) mengunjungi Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui program PKMS-Ristek Dikti.

Kunjungan ini juga didampingi anggota tim PKM lainnya, di antaranya Syaiful Ramadhan H, S.Pi., M.Si, Yoyon Riono, S.P., M.P., dan Roberta Zulfhi Surya, S.T., M.T.  

Kegiatan ini juga melibatkan aparatur desa dan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Indragiri Hilir dan diarahkan oleh beberapa dosen pakar dari program studi Budidaya Perairan (BDP) Faperta serta dosen FTIK Unisi.

"Jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 11 orang. Sasaran program ini adalah masyarakat nelayan tangkap dengan tujuan untuk membuka peluang peningkatan pendapatan rumah tangga nelayan melalui pengenalan budidaya kepiting soka juga sebagai upaya konservasi yaitu menjaga stock dan recruitment alamiah kepiting bakau di alam," kata koordinator tim kegiatan PKM, Dwi Sushanty, S,Pi., M.Si kepada media. Rabu (20/11/2019).

Dwi menuturkan bahwa seluruh peserta kegiatan yang dilibatkan, cukup antusias membantu dan mengikuti seluruh rangkaian program ini. Dan warga di sana memalui aparatur desa menyatakan sangat senang bisa dikunjungi. Mereka juga berharap program PKM ini bisa dilaksanakan kembali di lain waktu.

"Hasil evaluasi kami menggunakan kuisioner pada seluruh peserta kegiatan memperlihatkan antusiasme yang tinggi, dan masyarakat merasa senang atas pelaksanaan ini," ujar Dwi,

Dwi berarapkan melalui program ini pengetahuan dan keterampilan masyarakat nelayan dalam memanfaatkan kepiting bakau secara berkelanjutan dapat meningkat serta membuka peluang peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di sana melalui budidaya kepiting soka. 






Tulis Komentar