Dua Hari Diguyur Hujan, Titik Panas Masih Ratusan di Riau

KILASARIAU.com - Mesti dalam dua hari ini sebagian Riau diguyur hujan namun titik panas di wilayah setempat masih banyak. Hari ini terpantau 152 titik panas.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan untuk hari ini masih terpantau 152 titik panas di 7 wilayah.

"Yakni di Bengkalis 31 titik, Meranti 5 titik, Dumai 26 titik, Pelalawan 5 titik, Rohil 76 titik, Inhil 8 titik dan Siak 1 titik," ujar Marzuki, Rabu (25/9/2019).

Dari jumlah tersebut, 100 titik diantaranya adalah dipastikan kebakaran hutan dan lahan. Hal ini karena 100 titik tersebut memiliki level konfidence diatas 70 persen yang berarti dipastikan itu adalah titik api.

"100 titik api tersebut berada di Bengkalis 25 titik, Dumai 17 titik, Meranti 4 titik, Pelalawan 4 titik, Rohil 47 titik dan Inhil 3 titik," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pasca diguyur hujan lebat, kabut asap di Kota Pekanbaru berkurang. Udara semakin bersih dan jarak pandang semakin membaik.

"Alhamdulillah tadi malam hujan deras. Pagi tadi sengaja jalan-jalan untuk menghirup udara yang sudah semakin mendingan dibanding kemarin. Pagi tadi langsung joging," ujar Ivan, Warga Panam.

Ia berharap hujan akan mengguyur Pekanbaru dan wilayah Riau lainnya sehingga asap bisa benar-benar lenyap. "Mudah-mudahan hujan meratalah, jadi gak ada asap lagi dan anak-anak bisa sekolah lagi," harapnya.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan untuk hari ini jarak pandang di Pekanbaru memang semakin membaik akibat hujan yang mengguyur Pekanbaru.

"Jarak pandang semakin membaik. Pagi ini jarak pandang 1.500 Meter," ujar Marzuki.

Ia mengatakan jarak pandang 1.500 Meter ini disebabkan oleh Mist. "Bisa kami jelaskan Mist adalah kabut tetapi lebih tipis karena embun. Jadi basah bukan seperti asap yang kering," jelasnya.

Disampaikan Marzuki, untuk daerah lain jarak pandang juga semakin membaik.

"Yang masih pendek jarak pandangnya adalah Dumai yanni hanya 1.000 Meter dan ini disebabkan oleh asap. Selanjutnya Pelalawan jarak pandangnya 2.000 Meter dan Inhu 3.000 Meter. Namun memang bukan disebabkan asap lagi," pungkasnya.






Tulis Komentar