Harga Cabai dan Bawang Putih Masih Sumbang Inflasi Ramadhan

KILASRIAU.com - Bank Indonesia (BI) mencatat angka inflasi pada minggu kelima bulan Mei 2019 berada di kisaran 0,47% secara month to month.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan sedangkan untuk tahunan inflasi 3,1%.

"Masih ada harga yang naik seperti cabai, daging ayam, bawang putih dan beberapa buah-buahan," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Dia menyampaikan ada sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga seperti bawang merah, beras, tiket pesawat hingga sayuran.

"Alhamdulillah harga-harga terpantau rendah dan terkendali baik. Kita dorong pangan terjaga dengan baik dan harga agar terkendali," ujarnya.

Perry mengungkapkan stok pangan di seluruh Indonesia terpantau baik dan menunjukkan komitmen pemerintah dan instansi terkait. 
Pemerintah di tingkat pusat dan daerah serta Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi kebijakan guna terus membawa inflasi dalam tren menurun dalam kisaran 3±1% pada 2020 dan 2021 sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkesinambungan, seimbang, dan inklusif.

Tiga langkah strategis yang disepakati untuk menjaga inflasi 2019 tetap berada dalam kisaran sasarannya adalah menjaga inflasi dalam kisaran sasaran, terutama ditopang pengendalian inflasi volatile food maksimal di kisaran 4-5%. Strategi ini dilakukan melalui empat kebijakan utama (4K) terkait Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif.

Kemudian sesuai dengan Peta Jalan Pengendalian Inflasi Nasional 2019-2021, kebijakan ditempuh dengan memberikan prioritas kepada Ketersediaan Pasokan dan Kelancaran Distribusi, yang didukung oleh ekosistem yang lebih kondusif serta ketersediaan data yang akurat.






Tulis Komentar