Wau! Ciuman 10 Detik Bisa Mentransfer 80 Juta Bakteri

Memang, ciuman bisa mentransfer bakteri. Tapi nggak semuanya 'jahat' kok. (Foto: thinkstock)

KILASRIAU.com - Ciuman ternyata tak hanya mentransfer kasih sayang antar pasangan. Dalam riset yang dilakukan Micropia dan lembaga riset Belanda TNO menyatakan, ciuman di bibir ternyata juga mentransfer sekitar 80 juta bakteri. Namun bakteri yang dipindahkan dalam 10 detik ciuman ini tidak berbahaya untuk kesehatan.

Dikutip dari Business Insider, bakteri tersebut bisa membantu pengolahan makanan, memproses nutrisi, dan mencegah penyakit. Beberapa jenis bakteri adalah Lactobacillus sp dan Bifidobacterium sp.

"Ciuman adalah budaya yang sangat umum di muka bumi. Pasangan yang sering berciuman, sedikitnya 9 kali per hari, jenis bakteri dalam mulutnya lama kelamaan sama," kata pimpinan studi Remco Kort.

Studi dilakukan pada 21 pasangan dengan mengisi kuesioner yang diajukan peneliti. Responden kemudian mengisi kebiasaan dan frekuensi berciuman intim. Periset selanjutnya mengambil contoh liur dari para responden.

Dengan hasil riset ini, pasangan tak perlu khawatir saat berciuman. Meski terjadi transfer bakter, organisme tersebut ternyata jinak dan membantu kesehatan tubuh.






Tulis Komentar