Mahasiswa Kukerta UNRI Melakukan Penghijauan, Penanaman Pohon Buah Tin

foto: Istimewa

SUNGAI BAWANG, KUANSING – Mahasiswa Kukerta, dengan dukungan dari dosen pembimbing lapangan M. Yogi Riyantama Isjoni, S.E.,M.M, telah melaksanakan langkah penting menuju lingkungan yang lebih hijau dan masyarakat yang lebih sejahtera.

Dimana, Pekarangan kantor desa Sungai Bawang, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, menjadi saksi pelaksanaan kegiatan penghijauan yang inovatif dengan menanam pohon buah tin. Senin (14/08/2023).

Dalam upaya menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi polusi udara, penanaman pohon buah tin membawa manfaat ganda.

Buah tin yang berkualitas memberikan sumber pangan bergizi, mengurangi kerawanan pangan, dan berpotensi menjadi pendapatan bagi masyarakat melalui penjualan buah atau produk olahan.

Selain itu, pohon buah tin berperan dalam menyaring polutan udara, membantu memperbaiki kualitas udara di sekitar area penanaman.

Untuk mengurangi dampak pemanasan global, pohon-pohon ini menjadi sekutu yang kuat. Melalui proses fotosintesis, pohon pohon tersebut menyerap karbon dioksida dan merubahnya menjadi oksigen yang kita hirup.

Dengan demikian, pohon buah tin menjadi sekutu lingkungan yang kuat dalam melawan perubahan iklim.

“Kegiatan ini adalah bukti kepedulian kami terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Pohon buah tin dipilih karena sifatnya yang mudah beradaptasi dan memberikan manfaat ganda bagi masyarakat,” kata Fitriani, salah satu mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam penanaman.

Proses penghijauan ini melibatkan langkah-langkah sederhana , seperti pemilihan lokasi yang tepat, persiapan tanah yang baik, pemilihan bibit berkualitas, penanaman dengan cermat, penyiraman teratur, dan pemeliharaan yang telaten.

Pohon buah tin juga memberikan tempat berlindung dan makanan bagi hewan, serta memperindah  lingkungan sekitar. Dengan penghijauan ini, diharapkan terbentuknya ekosistem yang lebih seimbang dan berkelanjutan.

Inisiatif penghijauan melalui penanaman pohon buah tin menunjukkan bahwa tindakan sederhana dapat memberikan dampak besar.

Langkah-langkah kecil ini adalah langkah besar menuju lingkungan yang lebih seimbang dan masyarakat yang lebih sejahtera.(*)






Tulis Komentar