Camat Gunung Toar Tak Ingin Desa-desa di Wilayah Kecamatannya Bermasalah Hukum

foto: Istimewa


GUNUNG TOAR, KUANSING - Selaku Pejabat Administrator, Camat Gunung Toar, Adnan, SPd, dampingi Pemerintahan Desa (Pemdes) di kecamatannya dalam kegiatan monitoring dan evaluasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dilakukan oleh Dinas Sosial PMD Kabupaten Kuantan Singingi, di Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Rabu (31/05/2023).

Dimana, Dinas Sosial PMD Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) melakukan kegiatan ini dalam rangka pemantauan dan evaluasi serta pembinaan BUMDes se Kabupaten Kuansing.

Kita ketahui bahwa, BUMDes merupakan salah satu kelembagaan ekonomi di desa yang saat ini sedang diupayakan untuk dikembangkan dan diupayakan untuk menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di desa.

Sesuai dengan UU No 6 tahun 2014 pasal 87 ayat 3 bahwa BUMDes dibentuk dengan Peraturan Desa (Perdes), hal ini memberikan kesempatan dan peluang yang sangat luas bagi desa untuk membentuk badan usaha.  

Dengan hal demikian, Camat Gunung Toar, Adnan, SPd berharap agar pendirian BUMDes sendiri memiliki tujuan untuk mencari dan menambah Pendapatan Asli Desa (PA Desa), sehingga diharapkan ke depan BUMDes bisa menjadi sumber utama pendapatan desa, sehingga pendapatan transfer hanya sebagai pendukung saja bagi penyelenggaraan dan pembangunan desa.

Camat Gunung Toar mendampingi desa-desa di kecamatannya dalam giat monitoring dan evaluasi ini, adalah salah satu bentuk perhatian dan kepeduliannya kepada Pemerintahan Desa. Dimana, Camat Adnan tidak ingin desa-desa yang ada di kecamatan Gunung Toar mendapat masalah dan tersandung hukum.

"Diharapkan setelah BUMDes dibentuk arah pertumbuhan dan perkembangan BUMDes harus sudah jelas sejak awal. Sehingga BUMDes nantinya akan tumbuh dan berkembang ke arah yang sejalan dengan semangat berprofit dan beroperasional secara ideologis sehingga benar-benar mendatangkan benefit sebagaimana karakter yang harus ada di BUMDes," begitu kata mantan Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Pucuk Rantau ini.

Meskipun demikian, kata Adnan, "BUMDes tetap juga mempunyai fungsi sosial, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan menggerakkan potensi ekonomi lokal desa," demikian Camat Gunung Toar, Adnan, SPd menyampaikan.

Di samping itu, mantan Kepala Desa Seberang Gunung, yang juga bakal maju pada pemilihan Legislatif mendatang, Hardimansyah yang acap disapa ustad itu mensupport terkait hal pendampingan yang dilakukan Camat terhadap desa dalam kegiatan monitoring dan Evaluasi BUMDes tersebut.

Dikatakan Bakal Calon Legislatif 2024 dapil 4 itu, "saya suka dengan tindakan yang dilakukan oleh Camat Adnan. Dengan rasa kepeduliannya terhadap Pemdes yang ada di Gunung Toar, beliau mendampingi desa-desa dalam kegiatan monitoring dan Evaluasi BUMDes oleh pihak Dinas Sosial PMD Kuansing. Saya sangat apresiasi kinerja beliau," demikian Hardimansyah mengatakan.(*)

 






Tulis Komentar