Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten

Posyandu Manggis Mandiri Terpadu Mewakili Puskesmas Kari

PINTU GOBANG, TELUK KUANTAN - Posyandu Manggis Mandiri Terpadu desa Pintu Gobang Kari yang dinilai terbaik di Puskesmas Kari, menyambut kedatangan tim penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten, pada Rabu (03/08/2022) pagi, di Ruang Rapat Kantor Kepala Desa Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Dimana, Posyandu adalah merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Posyandu juga sebagai Ujung Tombak Kesehatan Ibu dan Anak. Bukan tanpa alasan pemerintah mengadakan lomba posyandu di tingkat kabupaten ini.

Dimana, hal ini dikarenakan fungsi vital posyandu sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup lima fungsi, yakni pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan dasar.

Lomba ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan kesehatan dan gizi.

Sebagai mana kita ketahui bahwa Posyandu adalah salah satu bentuk upaya penanganan kesehatan bersumber daya masyarakat yang di kelola dan di selenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelengaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

"Selain dari itu, salah satu tujuan diadakannya lomba posyandu di kabupaten Kuansing ini, untuk mempersiapkan kader-kader posyandu se-kabupaten Kuansing untuk mengikuti lomba posyandu tingkat provinsi mudah-mudahan sampai tingkat nasional," papar camat Kuantan Tengah, Agus Iswanto, S.STP usai acara sambutan tersebut.

Dimana setiap peserta lomba itu adalah Posyandu-posyandu yang dinilai terbaik di setiap wilayah kerjanya masing-masing, sementara di kecamatan Kuantan Tengah ada 3 Puskesmas yang beroperasi, yakni Puskesmas Kopah, Puskesmas Teluk Kuantan dan Puskesmas Kari.

Diketahui bahwa di Puskesmas Kari adalah Posyandu Manggis Mandiri Terpadu Pintu Gobang Kari adalah Posyandu yang dinilai terbaik di Puskesmas Kari.

"Lomba posyandu yang digelar Kabupaten ini, untuk memotivasi dan Evaluasi Posyandu yang ada di tingkat Kabupaten Kuantan Singingi. Selain itu, posyandu yang  nantinya mendapatkan nilai tertinggi dalam lomba ini akan mewakili Kabupaten untuk mengikuti  Lomba di Tingkat Provinsi." demikian kata Agus Iswanto menyampaikan.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Pintu Gobang Kari, Triwan Marlius juga berharap, agar Posyandu yang keluar sebagai juara akan menularkan ilmu nya kepada Posyandu lain sehingga kemampuan kader Posyandu di kecamatan akan merata.

“Saya harap Posyandu Manggis Mandiri Terpadu Pintu Gobang Kari yang akan keluar sebagai Pemenang," kata Pj Kades Pintu Gobang Kari yang dikenal dengan selorohannya.(*) 






Tulis Komentar