Latih Hidup Bersih Sejak Dini, Mahasiswa KKN UNRI Gelar Sosialisasi PHBS di SDN 173 Pekanbaru

KILASRIAU.com  - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau Kelurahan Bencah Lesung menggelar program kegiatan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Kegiatan ini mengajari siswa-siswi kelas 5 dan 6 SDN 173 Pekanbaru dengan cara efektif menggosok gigi dan langkah-langkah cuci tangan yang benar. Sosialisasi ini berlangsung di SDN 173 Pekanbaru, Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau yang dimulai dari pukul 08:30 WIB sampai selesai.

Menurut Kementrian Sosial Republik Indonesia, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS adalah upaya untuk memperkuat budaya seseorang, kelompok maupun masyarakat agar peduli dan mengutamakan kesehatan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih berkualitas.

Alexander Guido Nainggolan selaku ketua tim Kukerta menuturkan tujuan diadakan program sosialisasi ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup bersih dan sehat sejak dini dengan menjaga kebersihan gigi dan tangan.

"Penyuluhan PHBS ini diawali dengan peragaan tata cara menggosok gigi yang baik dan benar dengan menggunakan media model gigi yang sudah di siapkan. Kemudian, anak-anak kelas 5 dan 6 SDN 173 Pekanbaru diberikan kesempatan untuk memperagakan kembali menggosok gigi yang baik dan benar menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang sudah mereka bawa dari rumah," ujarnya.

Sementara itu, Miftahul Jannah selaku pemateri sosialisasi dari tim Kukerta memaparkan bahwa terdapat 7 langkah cara mencuci tangan dengan baik dan benar menurut WHO. 7 tahap cuci tangan yang benar yakni, pertama basahi kedua telapak tangan, gosok sabun pada kedua telapak tangan. Kedua, usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian. Ketiga, gosok sela-sela jari tangan. Keempat, bersihkan ujung jari bergantian dengan posisi saling mengunci. Kelima, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Keenam, letakkan ujung jari ke telapak tangan dan gosok perlahan. Langkah Terakhir, Bersihkan kedua pergelangan tangan dengan cara memutar, kemudian cuci dan keringkan.

Selanjutnya, tim kukerta mengajak siswa-siswi untuk mengulas kembali materi penyuluhan yang telah dipaparkan dengan melakukan sesi tanya jawab berhadiah. Kegiatan ditutup dengan bernyanyi dan berfoto bersama siswa/i kelas 5 dan 6 SDN 173 Pekanbaru.

Setelah acara sosialisasi selesai, Tim Kukerta melakukan pemasangan poster 7 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO di SDN 173 Pekanbaru sebagai pengingat untuk selalu cuci tangan.

Penulis : Agnes Theresa Tambun






Tulis Komentar