Camat Kateman Himbau Warga Tidak Lakukan Pembakaran yang Mengakibatkan Karhutla

Camat Kateman, Kamren S. Sos, Msi

KILASRIAU.com - Camat Kateman, Kamren S. Sos, Msi himbau Warga Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tidak lakukan pembakaran hutan atau lahan yang bisa mengakibatkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dia mengingatkan bahwa pembakaran lahan atau hutan perbuatan yang sangat patal, yaitu bisa pidana.

“Kami mohon warga Kecamatan Kateman bersama-sama menjaga alam yang kita cintai ini,” katanya, saat berjibaku memadamkan dan pendinginan Karhutla di Kelurahan Bandar Sri Gemilang. Senin (2/3/2020) siang.

Dikatakannya seperti pristiwa kebakaran di Kecamatan Kateman saat ini merupakan bencana alam yang mana harus menyadari dan bersama-sama memadamkannya.

“Bagi warga Kecamatan Kateman agar berhati-hati dalam karlahut ini, ketika ada terjadi karhutla secepat mungkin agar bersama-sama dipadamkan,”lanjutnya.

Dikatakannya, begitu juga seperti Kapolsek Kateman dan Denramil Kateman pada saat ini selalu memberika himbauan kepada warga Kecamatan Kateman tentang Karhutla ini.

“Kita tidak ingin ada masyarakat Kecamatan Kateman tersangkut masalah hukum, akibat kelalaian dalam Karhutla ini,” himbaunya.

Dia juga mengingatkan kepada warga agar tidak membuang punting rokok sembarangan, dimana lokasi tanah Kecamatan Kateman merupakan gambut yang seketika api cepat menyala.

“Untuk kepala Desa, Lurah agar berperan aktif untuk mengatasi Karlahut ini, dan dapat diatasi segera sehingga Kecamatan Kateman tidak terpantau titik hotspot,”pungkasnya.

Dia juga menginginkan agar Kabupaten Inhil bebas dari Karhutla yaitu zero karhutla.

Disamping itu, Kamren mengapresiasi dan merasa bangga atas Kerja Kapolres Inhil beserta jajarannya, Kapolsek Kateman beserta jajarannya, TNI-AD, BNPB Inhil, Relawan Karhutla dan masyarakat yang turun langsung memadamkan Karhutla di Kelurahan Bandar Sri Gemilang dan sekitarnya.

“Dimana kita ketahui Kapolres beserta jajarannya sudah lama berjibaku memadamkan Karhutla disini,”ungkapnya.

Akan hal itu, atas nama Pemerintah Kecamatan Kateman akan selalu siap menangani Karhutla ini. Seperti semangat yang diliatkan Kapolres Inhil saat dilapangan.

“Dari siang, hingga malam hari Pak Kapolres selalu berada dilapangan untuk memadamkan api agar Inhil bisa terbebas dari titik Karhutla,”tutupnya. (**)






Tulis Komentar