Kuker Sekaligus Silaturahmi Polres Inhil Himbau Masyarakat Tidak Membuka Lahan dengan di Bakar

Humas polres Inhil

KILASRIAU.com - Kapolres Inhil AKBP INDRA DUAMAN, S.I.K Dan Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Inhil beserta Rombongan Forkopimcam, Tokoh Masyarakat dan MPA Se-Kec. Batang Tuaka melaksanak kunjungan kerja sekaligus silaturahmi di Mapolsek Batang Tuaka, Kab. Inhil, Minggu (23/2/2020).

Kapolsek Batang Tuaka, IPTU. Andi Ace. H dalam sambutannya mengucapkan selamat datang Kepada Kapolres Inhil berserta rombongan serta ucapan terima kasih kepada masyarakat Batang Tuaka yang telah hadir dalam acara kunjungan kapolres inhil beserta rombongan pada hari ini.

"Saat ini pelaksanaan tugas Polsek Batang Tuaka masih ada dua Jabatan Kanit yang kosong yaitu Jabatan Kanit Binmas dan Kanit Shabara, maka dari itu, kami meminta kepada bapak Kapolres Inhil untuk dapat menambah personil mengisi kekosongan jabatan yang kosong tersebut," kata Polsek Batang Tuaka.

Dalam kesempatan itu juga Polsek Batang Tuaka menututurkan bahwa upaya menangani kebakaran hutan dan lahan (karlahut) Polsek Batang Tuaka bersama Forkopincam selalu bersinergi menangani Karhutla, serta Terus berupaya mencegah Karhutla. Kemudian, setiap desa telah membuat embung apabila terjadi karlahut, dapat mencari ladang air yang cukup untuk dapat memadamkan api dengan cepat dan efektif.

"Kami disini telah bekerja sama dengan pihak desa dan pihak kecamatan, untuk menghimbau agar setiap desa mempunyai minimal 2 mesin pemadam, untuk mengantisipasi jikalau terjadi kebakaran hutan dan lahan di desa masing-masing," tutupnya.

Kemudian, Camat Batang Tuaka arpoyanto, SI.Kom M.Si, mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Inhil beserta rombongan di kec. Batang Tuaka. forkopimcam dan Polsek dan Danramil hingga saat ini terus bersinergi dalam penanganan karlahut.

"Bahwasanya sampai saat forkopimcam selalu bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI dalam segala hal, baik permasalahan yang ada di masyarakat maupun permasalahan karhutla yang akhir-akhir ini sering terjadi. Saya selalu menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan hutan di kec. Batang Tuaka," imbuh Camat Batang Tuaka.

Selanjutnya, Kapolres Inhil AKBP INDRA DUAMAN, S.I.K, mengatakan bahwa Polri hadir untuk memberikan rasa nyaman. Tetapi tanpa dukungan dan partisipasi mayarakat, Polri akan kesulitan dalam melaksanakan tugas yang ada, oleh karna itu, perlunya kerjasama dan bantuan bersama masyarakat agar Polri dapat berkerja efektif dan efisien serta dapat menciptaka suasana yang aman, nyaman dan kondusif.

"Untuk saat ini, Presiden menggaungkan 3 pilar yakni Polri, TNI dan forkipimda untuk dapat berkerja sama serta menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dengan cara musyawarah secara mufakat. Bahwasanya Kapolres Inhil menyampaikan pesan Bapak Kapolda Riau terkait dengan pencegahan dan penanganan Karhutla, agar instansi terkait selalu bersinergi sehingga tahun 2020 Kab. Inhil nihil kasus Karhutla," kata Polres Inhil.

Kapolres Inhil juga menghimbau kepada masyarakat agar dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar. Serta untuk dapat melaporkan jikalau ada melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan serta dapat bekerja sama dalam memadamkannya. Kemudian, kepada kepala desa, untuk dapat menyiapkan mesin yang siap pakai dalam pemadam karhutla. Serta dapat bekerja sama jikalau nantinya terdapat titik api di wilayah nya masing-masing.

"Saya berharap bahwa untuk di setiap desa mempunyai mesin pemadam, serta menggunakan mesin yang efektif dan efisien jikalau dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Serta partisipasi masyarakat, untuk dapat menjadi relawan di Posko Relawan yang ada di Kec. Batang Tuaka, agar kita dapat bersama-sama berpartisipasi menjaga hutan dan lahan yang ada di kec. Batang Tuaka. Serta untuk menekan terjadinya karhutla di kec. Batang Tuaka," imbuhnya.






Tulis Komentar