Disparporabud Inhil Tutup Acara Festival Teater Klasik Bangsawan 2021

KILASRIAU.com - Bertempat di Gedung Puri Cendana jalan Lingkar Tembilahan telah dilaksanakan penutupan Festival Teater Klasik Bangsawan 2021, Senin (28/06/21).

Dalam proses pelaksanaan Festival Teater Klasik Bangsawan 2021 dilakukan dengan virtual. Jadi setiap grup atau sanggar mengirimkan video teater yang berdurasi 30-45 menit kepada panitia untuk diupload ke youtube Inhil Nan Molek.

Pelaksanaan Festival Teater Klasik Bangsawan 2021 ini dimulai sejak tanggal  17 sampai dengan 28 Juni 2021 dengan jumlah peserta yang mengirimkan video ada 8 grup atau sanggar.

"Tentunya saya sangat mendukung acara teater ini karna sebagai wadah untuk membangun seni yang lebih baik dan mewariskan kepada generasi penerus. Dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan ruang dan kesempatan bagi bertemunya berbagai komunitas sanggar seni serta wadah bagi seniman di Kabupaten Inhil yang pada gilirannya nanti dapat membangun suasana kehidupan berkesenian yang lebih baik dari sebelumnya," ujar Bupati HM Wardan yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Budaya (Disparporabud) kabupaten Inhil Junaidy Ismail.

Lebih lanjut Kadis menyampaikan di era globalisasi banyak terjadi pengaruh dalam kehidupan masyarakat sehingga melupakan seni dan budaya sendiri. Apalagi dunia menjadi seolah tidak terbatas sehingga seni budaya, gaya hidup dari luar mudah masuk ke negeri ini, dan tidak jarang memberikan pengaruh negatif kepada masyarakat khususnya kaum muda. 

"Oleh karena itu,  dengan adanya Festival Teater Klasik Bangsawan ini tentunya memiliki manfaat yang signifikan dalam menangkal dan membententengi generasi muda dari pengaruh negatif ini. Kemudian juga kaum muda dapat mengenang seniman Inhil Almarhum Yakub Syafii yang mana sampai saat ini naskah yang dilombakan merupakan hasil karya beliau dan beliau telah menghasilkan naskah yang saat ini masih bisa diselamatkan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Inhil," jelas Kadis Disparporabud kabupaten Inhil Junaidy Ismail.

Terakhir Kadis Disparporabud kabupaten Inhil Junaidy Ismail berharap kepada semua pihak untuk konsisten dan berkelanjutan terhadap upaya-upaya yang telah dilaksanakan pada hari ini  hingga masa yang akan datang. 

"Semoga apa yang kita laksanakan ini dapat mendorong berkembangnya seni teater di Kabupaten Inhil serta bermanfaat bagi masyarakat dan bernilai ibadah disisi Allah SWT," Imbuhnya. (Sr)

Berikut katagori  pemenang yang terdiri dari 12 katagori

1. SUTRADARA TERBAIK
2. PENATA ARTISTIK TERBAIK
3. PEMERAN PRIA TERBAIK
4. PEMERAN WANITA TERBAIK
5. PEMERAN PEMBANTU PRIA TERBAIK
6. PEMERAN PEMBANTU PRIA TERBAIK
7. JUARA FAVORITE
8. PENYAJI TERBAIK KELIMA
9. PENYAJI TERBAIK KEEMPAT
10. PENYAJI TERBAIK KETIGA
11. PENYAJI TERBAIK KEDUA
12. PENYAJI TERBAIK PERTAMA






Tulis Komentar