Hewan 13 Pendeteksi Bencana Alam Dahsyat di Sekitar Kita

KILASRIAU.com – Bencana alam memang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, di Indonesia sendiri peristiwa tersebut sering dikaitkan dengan tanda-tanda alam yang tidak biasa.

Bukan hanya hal mistis saja, masyarakat juga percaya dengan beberapa hewan yang bisa menjadi pendeteksi bencana alam. Hewan-hewan ini konon memiliki rasa sensitivitas yang tinggi.

Lantas hewan apa saja yang bisa mendeteksi terjadinya bencana alam dahsyat seperti gempa dan tsunami? Simak nih.

1. Kucing

Hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia ini nampaknya menjadi salah satu hewan yang cukup sensitif dalam mendeteksi sebuah bencana alam yang akan datang.

Selang beberapa hari bencana akan datang, kucing-kucing yang ada di area sekitar bencana akan berprilaku cukup aneh. Mulai dari mudah stress hingga gampang sekali mengamuk.

Menurut sebuah penelitian ternyata mengungkapkan jika kucing memang menjadi salah satu hewan perndeteksi gempa yang bekerja melalui pendengarannya yang baik.

2. Sapi

Penelitian yang dilakukan di Universitas Jepang ternyata menunjukkan bahwa sapi merupakan salah satu hewan yang bisa juga menjadi pendeteksi terjadinya bencana alam.

Kesensitifan sapi ternyata mampu di deteksi dari jauh-jauh hari. Sebelum terjadinya gempa, sapi biasanya akan menurunkan jumlah susu secara drastis.

3. Hiu

Bukan hanya dikenal dengan keganasannya saja, Hiu juga cukup peka terhadap datang bencana alam dahsyat. Sebelum terjadinya bencana, para hiu akan berkumpul area atau lokai tempat terjadinya badai besar.

Ini karena ikan hiu memang hewan yang suka memburu badai. Jadi cukup mudah, jika sedang melaut dan menemukan berkumpulnya hiu maka akan terjadi sesuatu terhadap alam.

4. Burung Bangau

Gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh dan Nias memang meninggalkan kesedihan yang sangat mendalam, namun ternyata sebelum kejadian tersebut terdapat tanda yang cukup mengerikan.

Ratusan burung bangau berbondong-bondong meninggalkan lokasi kejadian bencana alam dahsyat tersebut dan terbang menjauh. Penampakan tersebut memang jbelum pernah terjadi sebelumnya.

Dan benar saja, gempa berkekuatan 9.1 sampai 9.3 magnitudo disertai dengan gelombang tsunami menghantam Aceh. Semenjak itulah burung bangau bisa dipercaya mendeteksi bencana.

5. Gajah

Tahun 2005 silam, gempa bumi yang terjadi di Sri Lanka dan India ternyata mendapatkan tanda-tanda yang aneh dari gajah.

Banyak sekali gajah yang menunjukan perilaku anehnya, seperti meraung-raung, berlari seakan cemas, bahkan hingga tiada henti mengepakan teringanya.

Dan tidak lama setelah itu benar saja terjadilah bencana alam yang menewaskan banyak sekali korban jiwa.

6. Katak

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Environtmental Research and Public Health, katak diduga menjadi salah satu hewan pendeteksi bencana alam gempa bumi.

Katak memang sangat sensitif pada perubahan kimia dalam air tanah, sehingga bisa mendeteksi kedatangan bencana gempa bumi dari perubahan reaksi kimia di air tanah tersebut.

Kemungkinan besar para katak ini pergi menjauh untuk bisa menyelatakn diri dari bencana.

7. Kuda

Kuda merupakan hewan yang paling sensitif dalam perubahan cuaca ekstrem dan juga penggerakan lempeng bumi, karena itulah maka tak heran jika kuda sensitif dengan adanya bencana alam.

Tandanya cukup bisa manusia rasakan, yakni kuda yang selalu meringkik keras secara terus menerus.

8. Semut

Semut merah dapat mendeteksi perubahan medan elektromagnetik di bumi dan merasakan emisi karbondioksida sebelum bencana datang.

Biasanya gerombolan semut akan membubarkan diri dari sarang dan mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman. Mayoritas orang Jawa juga mempercayai bahwa semut bsia menjadi tanda akan datangnya banjir.

Mereka biasanya akan melarikan diri ke tempat-tempat yang lebih tinggi.

9. Ular

Ular diperkirakan mampu mendeteksi kehadiran bencana alam berupa gempa bumi. Hal ini terlihat ketika gempa terjadi di China saat musim dingin.

Ular-ular yang biasanya hibernasi dan bersembunyi di tempat-tempat hangat justru keluar dan kabur ke tempat yang lebih jauh dari pusat terjadinya bencana.

10. Oarfish

Perilaku aneh pada hewan ini juga bisa diketahui ketika bencana Jepang melanda pada tahun 2011 yang lalu. Dimana banyak sekali ikan oar yang mati terdampar di pantai.

Mereka serentak terdampar di perairan mulai dari yang kecil hingga besar, manusia yang tidak mengetahui menganggap kejadian biasa.

Namun beberapa hari setelah kejadian tersebut bencana alam mengerikan terjadi di tanah Jepang.

11. Zebra

Kebun bintang di China sempat dibuat terkejut dengan kelakuan beberapa hewan peliharaan, salah satunya yang paling mencolok yakni Zebra.

Banyak zebra yang tiba-tiba menabrakan kepalanya pada gerbang seolah ingin melarikan diri. Dan benar beberapa jam setelah itu terjadilah gempa 965 kilometer arah timur dari pusat gempa.

12. Merak

Lima menit sebelum gempa besar yang melanda China, beberapa ekor merak juga menunjukkan perilaku tak biasa, yakni mengeluarkan suara melengking.

13. Singa dan Macan

Masih pada gempa yang terjadi di China, hewan seperti singa dan macan terlihat sangat gelisah mereka berjalan kesana kemari dan tidak jelas apa tujuannya.

Jika hanya satu singa atau macam mengalami perilaku tersebut mungkin masih sangat wajar, namun yang terjadi di China hampir 20 ekor lebih berprilaku yang sama sebelum terjadinya bencana alam.






Tulis Komentar