Sosialisasi dilakukan BPJAMSOSTEK Hingga Penjuru Desa di Indragiri Hulu

KILASRIAU.com, Rengat - Rengat - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Rengat melaksanakan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan ke seluruh penjuru desa, yakni Desa Kuantan Tenang, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu - Riau.

Account Representative Khusus (ARK) BPJAMSOSTEK Cabang Rengat Devi Efriadi mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi fokus tiga program jaminan sosial, di antaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) serta pemberian santunan simbolis 42 Juta untuk ahli waris dari Ketua BPD Rakit Kuliman. Zulkarnain yang meninggal dunia dan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.


"Ada dua sektor program perlindungan jaminan sosial yang disosialisasikan juga, yakni sektor formal atau penerima upah (PU) dan sektor informal atau bukan penerima upah (BPU)," katanya.

Ia berharap dengan kegiatan sosialisasi tersebut masyarakat bisa menjadi lebih sadar akan jaminan sosial dan pentingnya perlindungan untuk para pekerja, khususnya masyarakat di wilayah ini.

"Apalagi pekerjaan mereka sebagai petani, buruh tani, dan tukang kayu serta bangunan yang sudah berhak mendapatkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," kata Devi.

 

"Jadi Petugas BPJS Ketenagakerjaan seperti kami ini memang harus siap menghadapi segala macam tantangan, seperti yang kami rasakan sebelum sampai di tempat ini. Kami dijemput oleh masyarakat desa karena mobil kami terperosok sebelum kami sampai di kegiatan ini. Dan akhirnya kami diantar lagi ke lokasi kendaraan yang kami tinggal dimana masyarakat sudah membantu mengeluarkan kendaraan kami dari badan jalan agar bisa kami melanjutkan perjalan pulang karena hari sudah gelap”.

“Berkunjung ke penjuru desa menjadi buah pengalaman yang kami dapatkan di sini dan tentu akan menjadi kenangan buat kami nanti," kata Devi.

Sementara itu, Rulli Jaya Santika selaku Kepala Kantor Cabang Rengat menambahkan, "melindungi pekerja itu adalah keharusan meskipun kepenjuru desa, apalagi area perlindungan program jaminan sosial di Indragiri Hulu ini cukup luas dan terdapat daerah perkebunan yang cukup susah dilalui", tutupnya.






Tulis Komentar