4 Santriyah PP KH Ahmad Dahlan Raih Juara 3 Debat Bahasa Arab, dan Membaca Kitab Safinatunnaja Marhalah Ula


TELUK KUANTAN - Kontingen Musabaqoh Qiroatul Kutub Kabupaten Kuantan Singingi dilepas Oleh Bapak Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi yang diwakili oleh Bapak Bahrul untuk menuju Jantung ibukota Provinsi Riau Kota Pekanbaru. Jum'at (23/06/2023), kemarin.

Dari kontingen yang dilepas tersebut terdapat 6 orang Santriyah Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan untuk mewakili Kabupaten Kuantan Singingi dalam ajang Musabaqoh Qiroatul Kutub yang diadakan di Pondok Pesantren Al Munawwarah Kulim Pekan baru. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 24 hingga 25 Juni 2023 , sekitar pukul 20:30 WIB yang langsung dibuka oleh Gubernur Riau Bapak Drs. H. Syamsuar, M.Si serta pejabat tinggi yang ada dilingkungan Provinsi Riau.

Dalam arahannya, Syamsuar mengatakan,“dengan acara ini diharapkan dapat mencetak kader-kader ulama, Karena kitab kuning selain rukun pesantren juga merupakan pintu gerbang kaderisasi ulama,” begitu dikatakan Syamsuar.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh utusan Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau, dengan jumlah ratusan orang dan diantaranya adalah Santriyah Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi.

Dalam giat itu, 4 Orang Santriyah Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi meraih Juara 3 Bidang Debat Bahasa Arab dan Membaca Kitab Safinatunnaja Marhalah Ula.

Ustadz Muhaimin Ade Candra sebagai pembimbing menyampaikan, “Alhamdulillah Nafasya Nanda, Hasyifa Faiza Adelia, dan Anjelita meraih juara 3 debat Bahasa Arab tingkat Provinsi, selanjutnya Aura Avriendly juga Juara 3 Membaca Kitab Safinatunnaja Marhalah Ula tingkat Provinsi,” kata Ustadz Muhaimin menyampaikan, Ahad (25/06/2023).

Sebelumnya Mudirul Ma’had menyampaikan permohonan doa untuk anak-anak yang sedang bertanding melalui WhatsApp Grup Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi.

“Mohon do'a Anak-anak kita sedang tampil debat bahasa Arab,” ucap Buya Agusrianto, MA kepada Keluarga besar Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan.

Mudirul Ma’had menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pelatih melalui Ustadz Muhaimin yang ikut mendampingi Buya di lokasi acara.

“Untuk qiraatul kutub anak-anak  kita yang masih kelas 1 dan 2 Aura avriendly, Rada fitria, Aura sudah bisa mengimbangi pondok-pondok yang 100% mempelajari Kitab Kuning, terimakasih untuk semua pembimbing/ pelatih, Ustadz Fahmi Alam Syah, Ustadzah Rosmila, Ustadz Zaki Fatoni, dan seluruh pembina/ pelatih serta guru-guru yang selalu mensupport,” demikian Ustadz Muhaimin Ade Candra, MA menyampaikan.(*)






Tulis Komentar