Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP Akhir 2024, Pemilih di Kelurahan Pulau Kijang Capai 10.003

Kilasriau.com - Bertempat di Kantor Lurah Pulau Kijang kecamatan Reteh, Panitia Pengunungan Suara (PPS) kelurahan Pulau Kijang menggelar rapat pelono terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir pada pemilihan umum 2024, Jum'at (01/6/23).

Dalam rapat pleno tersebut telah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan sebelum melaksanakan rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir.

Lurah Pulau Kijang Kadarismansyah yang mengikuti kegiatan rapat pleno terbuka Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir, menyampaikan himbauan dan mengajak untuk bersama- sama menjaga keamanan dan ketertiban serta netralitas pada tahapan Pemilu 2024.

"Saya mengajak seluruh warga kelurahan Pulau Kijang untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta netralitas pada tahapan Pemilu 2024. Karena kita tahu ini tidak bisa dilakukan oleh salah satu instansi namun perlu semua pihak," kata Kadarismansyah.

Sementara itu, Ketua PPS Pulau Kijang Rija Ade Permana menyampaikan Sesuai hasil Berita Acara DPSHP Akhir tingkat Lurah Pulau Kijang, Jumlah TPS 41, Pemilih Aktif 10.003. Pemilih Baru 7 Pemilih yang tidak memenuhi syarat 25, Perbaikan data pemilih 5 dan Pemilih Potensial Non KTP-eL 447 orang.

"Jadi data yang ada saat ini sepenuhnya belum baku, karena data ini bisa saja berubah sembari pelaksanaan Pemilu. Namun data yang ada saat ini bisa menjadi suatu acuan untuk setiap partai yang ada di kecamatan Reteh," ucapnya.

Akan tetapi, Ketua PPS Pulau Kijang Rija Ade Permana menambahkan bawah pihak nya akan berupaya memaksimalkan mungkin agar seluruh warga yang ada di kelurahan Pulau Kijang bisa mempergunakan hak suaranya.

"Untuk itu, mohon kerjasamanya dari pihak RT RW melaporkan jika ada warganya belum terdata ataupun belum memiliki KTP-eL. Karena ini sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah keseluruhan pemilih yang ada di kelurahan Pulau Kijang," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bawascam Reteh Sarwiono Sukri menyebutkan bawah angka 10.003 orang ini bukan lah angka yang sedikit dan ini bisa menentukan calon-calon legislatif 5 tahun yang akan datang untuk wilayah kecamatan Reteh.

Ditambah lagi Pemilih Potensial Non KTP-eL 447 orang yang membutuhkan eksra keras agar nantinya bisa memberikan hak suaranya.

"Oleh karena itu perlu nya kerjasama kita semua untuk memberikan sosialisasi kepada warga kita yang ada di tingkat RT dan RW serta bagi pemilih pemula," sebut nya.

Kemudian, Ketua Bawascam Reteh Sarwiono Sukri menambahkan "Supaya PPS benar – benar mendata para pemilih secara valid di Kelurahan Pulau Kijang, supaya panitia PPS terjun langsung mendata para pemilih pemula jadi jangan mendata berdasarkan Kartu Keluarga (KK) namun dimohon panitia langsung mendatangi para pemilih pemula untuk langsung melakukan pendataan. Maka dari itu butuh peran kita bersama memberikan sosialis dan merubah pola pikir masyarakat kita, saya yakin dan percaya apa yang kita harapkan bisa tercapai. Apa lagi Pemilih pemula ini kita berikan pemahaman dan wawasan terkait dengan pemilihan yang akan datang,"






Tulis Komentar