Penuh Dukungan dan Apresiasi, Para Wakil Rakyat Serahkan Piala Bergilir dan Hadiah Pemenang Pacu Jalur Miniatur Tepian Pelangi Waterpark

foto: Istimewa


TELUK KUANTAN - Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kuantan Singingi, Zulhendri, SPWK, bersama Waka II DPRD Kuantan Singingi, Drs. Juprizal, SE.,MSi dan Anggota DPRD Kuantan Singingi Fraksi Gerindra, Gusmir Indra menyerahkan Piala bergilir dan Piala tetap kepada para sang juara Pacu Jalur Miniatur Pemuda Koto Taluk yang diselenggarakan beberapa waktu lalu di Tepian Pelangi Waterpark Kelurahan Simpang Tiga Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Di Balai Desa Koto Taluk, Senin (28/11/2022) malam.

Dalam acara pembagian hadiah para pemenang, Zulhendri mengapresiasi seluruh Panitia pelaksana Pacu Jalur Miniatur di Tepian Pelangi Waterpark Kelurahan Simpang Tiga yang beberapa waktu lalu ditaja oleh Pemuda Koto Taluk dalam rangka menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Beliau juga mengapresiasi Pemdes Koto Taluk dan seluruh lapisan masyarakat termasuk para Pemuda Koto Taluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, yang telah saling bahu membahu demi suksesnya penyelenggaraan Pacu Jalur Miniatur ini.

"Kita cukup bangga, peserta pacu jalur miniatur ini diikuti tercatat sebanyak 5339 
jalur, dan diselesaikan dalam waktu 23 hari penyelenggaraan. Sungguh luar biasa," kata  Zulhendri.

"Ini salahsatu kreativitas pemuda Koto Taluk yang perlu kita tiru, karena pacu jalur miniatur adalah salahsatu budaya kita di kabupaten Kuantan Singingi," begitu kata Zulhendri.

Dirinya berharap untuk kedepannya penyelenggaraan pacu jalur miniatur ini tetap akan diadakan setiap tahunnya di berbagai tempat di Kuantan Singingi (Kuansing), dan di Koto Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah adalah tempat yang menjadi Pusatnya.

"Kita akan tetap lestarikan," imbuhnya.

"Kita akan buat pacu jalur ini menyebar ke daerah-daerah lainnya. Kita juga akan buat nanti Rayon-rayonnya nanti dan Koto Taluk pusatnya nanti. Jadi kedepannya kita harapkan pacu jalur miniatur ini tetap dilaksanakan, mungkin dengan event yang lebih besar. Masalah anggarannya nanti kita akan bicarakan dengan pemerintah daerah, karena saat ini baru dianggarkan untuk pacu jalur besar. Bisa jadi nanti kedepannya karena pacu jalur miniatur ini termasuk budaya kita, InsyaAllah pemerintah bisa menganggarkan," begitu kata Waka I DPRD Kuansing, Zulhendri, SPWK menjelaskan.

Dikatakan Zulhendri, kegiatan ini selain dari budaya Kuansing, hal ini juga salahsatu bentuk pencegahan bagi pemuda agar terhindar dari segala macam tindakan yang merugikan. Tarhindar dari narkoba dan perilaku kenakalan-kenakalan lainnya yang merugikan.

"Jadi, kreativitas itu ditumpahkan di pacu jalur miniatur ini adalah sesuatu yang luar biasa. Kami dari DPRD akan selalu mensupport kegiatan ini," ungkapnya.

"Kita ucapkan selamat kepada jalur Pesanggrahan dari Perumnas Koto Taluk, dusun Tobek Panjang desa Koto Taluk atas nama Marchel Pebrian Dinata anak dari Eka Putra Hadinata (Eka Marchel) yang keluar sebagai jawara dalam helatan ini," ucapnya.

Sementara Waka II DPRD Kuansing, Drs. Juprizal, SE.MSi mengatakan bahwa dirinya sangat bangga bisa hadir di acara pemberian hadiah pacu jalur miniatur yang ditaja pemuda Koto Taluk ini.

"Semoga kegiatan yang ditaja Pemuda Koto Taluk ini menjadi contoh bagi daerah yang lain. Sehingga yang diharapkan dari event ini, tentu silaturahmi kita akan semakin baik, persatuan dan kesatuan kita akan semakin kuat,"begitu kata Juprizal.

"Sehingga apapun yang bentuk dan sifatnya  untuk mengembangkan tradisi daerah kita akan memberikan nilai positif. Salahsatunya, inilah contohnya," paparnya.

"Kami dari DPRD mengapresiasi dan mensupport kegiatan ini. Masalah pendanaan nanti, sepanjang itu tidak bertentangan dengan hukum, tentu nantinya akan kami anggarkan. Karena hal ini adalah tradisi kita yang patut kita lestarikan," demikian papar Waka II DPRD Kuansing, Drs. Juprizal, SE.,MSi menyampaikan.

Disamping itu, Anggota DPRD Kuansing, Fraksi Gerindra, Gusmir Indra yang diketahui warga asli desa Koto Taluk ini, juga sangat mengapresiasi kreativitas pemuda yang sukses menyelenggarakan pacu jalur miniatur ini.

Dirinya berharap untuk kedepannya pemuda Koto Taluk dengan penuh semangat menyelenggarakannya kembali dengan lebih meriah.

"Semoga kedepannya lebih baik lagi, lebih sukses lagi, kita berharap pemuda-pemuda lainnya bisa mencontohnya. Ini suatu kegiatan yang positif, tentu kita support," begitu dikatakan Gusmir Indra.

Sebelumnya dalam acara pembagian hadiah pacu jalur miniatur pemuda Koto Taluk, Penjabat Kepala Desa Koto Taluk, Paimun Hendro, SP diwakili Sekretaris Desa, Rosyadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi seluruh panitia Pacu Jalur Miniatur di Tepian Pelangi Waterpark yang telah sukses menggelar ajang silaturahmi ini.

Kami juga mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat yang telah turut menciptakan suasana yang kondusif selama berlangsungnya acara Pacu Jalur Miniatur ini.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemuda Koto Taluk telah berhasil dan sukses dalam penyelenggaraan Pacu Jalur Miniatur event Nasional ini.

Sementara, Ketua Pelaksana Pacu Jalur Miniatur Pemuda Koto Taluk, Abdillah Yusdi, melalui Sekretarisnya, Hengki Gusrianto, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Kuantan Tengah dan Pemdes Koto Taluk yang telah mendukung kegiatan pacu jalur miniatur Event Nasional ini. 

"Kami juga mengapresiasi seluruh peserta pacu jalur miniatur yang telah menjunjung tinggi sportivitas. Mudah-mudahan kita bersua kembali di tahun depan di arena yang sama," begitu kata Hengki.

"Kami mohon maaf jika ada kesalahan selama berlangsungnya kegiatan pacu jalur miniatur ini," ucap Hengki. 

"Alhamdulillah Pelaksanaan Pacu jalur Miniatur yang kita mulai dari 30 Oktober hingga 23 November 2022 yang lalu, berjalan lancar," ungkap Hengki.

Perlu diketahui, Pemenang Pertama ( Juara I ) berhak mendapatkan, Piala bergilir, Piala tetap, Tonggol Juara, Piagam penghargaan, uang pembinaan ditambah 1 ekor Sapi.

Juara II  berhak mendapatkan, Piala tetap, Tonggol Juara, Piagam penghargaan, uang pembinaan ditambah 2 ekor Kambing.

Sementara Juara III  berhak mendapatkan, Piala tetap, Tonggol Juara, Piagam penghargaan, uang pembinaan ditambah 1 ekor Kambing.

Juara 4 - 10 berhasil membawa pulang berupa, Piala tetap, Tonggol Juara, Piagam penghargaan dan uang pembinaan.

DaftarJuara Pacu Jalur Miniatur Tepian Pelangi Waterpark 2022

1. Pesanggrahan
2. 3 Lorong 
3. Bukit Keramat
4. Scorpion
5. Kahulu Jantan
6. Palestina
7. Komandan Solar
8. Gacak Itam
9. Dubalang Baliak Subuah
10. Dubalang Mudo

Acara pembagian hadiah Pacu Jalur Miniatur Pemuda Koto Taluk ini turut dihadiri, Waka I DPRD Kuansing, Zulhendri, SPWK, Waka II DPRD Kuansing Drs. Juprizal,  SE.,MSi, Anggota DPRD Kuansing, Gusmir Indra dan Pegawai Kantor Camat Kuantan Tengah, Pj Kepala Desa yang diwakili Sekdes, Rosyadi dan BPD Koto Taluk, Alim ulama, Cerdik Pandai, Tokoh Masyarakat, Babinkamtibmas, Wahyu Firdian dan undangan lainnya. (*)

 






Tulis Komentar