IBI Gelar Bhakti Sosial, Bupati Inhil Sampaikan Ini

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas kesehatan Inhil menyelenggarakan kegiatan Publikasi Stunting Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Inhil di lapangan Gajah Mada, Senin (28/11/22).

KILASRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas kesehatan Inhil menyelenggarakan kegiatan Publikasi Stunting Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Inhil di lapangan Gajah Mada, Senin (28/11/22).

Pelaksanaan tersebut bersempena dengan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 dengan mengusung tema "Bersama Kita Cegah dan Tanggulangi Stunting"

Bupati HM Wardan menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Inhil sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan dinas Kesehatan melalui Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Indragiri Hilir, yang sempena dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tahun 2022.

"Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan upaya kita dalam memberikan hak masyarakat untuk secara gratis dan mendapatkan pelayanan kesehatan. Kita juga menyadari sepenuhnya betapa penting peran bidan sebagai mitra terdekat dalam kehidupan ibu, bayi dan anak. bidan adalah garda terdepan dalam membentuk generasi terbaik bangsa, dan merupakan profesi yang sangat memiliki andil besar terkait dengan periode emas anak atau 1.000 hari pertama kehidupan, karena di periode bidan akan selalu memberi pendampingan kepada ibu maupun sang bayi," jelas Wardan dalam sambutannya.

Di kesempatan itu juga menyebutkan bahwa permasalahan stunting merupakan salah satu fokus perhatian bagi pemerintah dalam bidang kesehatan. Untuk itu pemerintah telah meluncurkan strategi percepatan penurunan stunting, di mana salah satu pilarnya yaitu menekankan pentingnya konvergensi intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif di tingkat pusat, daerah dan desa.

"Penanggulangan stunting melalui pendekatan lintas sektor menjadi solusi dan sebuah langkah konkrit. pendekatan lintas sektor ini melibatkan berbagai pihak antara lain pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga sosial kemasyarakatan, keagamaan, akademisi, dan media massa. memang upaya penanggulangan stunting tidak mudah dilakukan, karena banyak melibatkan pihak dengan kepentingan bersama," ujarnya.

Diakhir pembukaan kegiatan Publikasi Stunting Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Inhil Bupati Inhil HM Wardan bersama prokopim berkeliling melihat stan yang telah ada dilapangan, diantaranya pemeriksaan kesehatan, pemberian makanan tambahan, senam dan donor darah, dengan sasaran balita stunting, baduta (anak dibawah usia dua tahun), remaja putri, wanita pra nikah, ibu hamil dan masyarakat.**






Tulis Komentar