Pengabdian KUKERTA UNRI di Desa Hangtuah

KILASRIAU.com  - Desa Hangtuah dikenal dengan julukannya yaitu “kampung lele”. Julukan ini dikarenakan sebagian masyarakat setempat memiliki tambang ikan lele mulai dari bibit hingga indukan.

Dalam keberlangsungan program kerja ini, mahasiswa KUKERTA di Desa Hangtuah turut serta dalam mengembangkan potensi UMKM bersama Kelompok PKK Desa Hangtuah yaitu pengelolaan lele menjadi produk nugget, abon lele dan kerupuk. Makanan olahan ini merupakan pemanfaatan dari lele yang sudah tidak produktif lagi dengan tujuan agar dapat memanfaatkan ikan lele agar lebih memiliki nilai guna, serta dapat menghasilkan bagi masyarakat Desa Hangtuah.

Dengan begitu, semua lele yang ada dapat dimanfaatkan tanpa terkecuali dan tidak ada yang terbuang dengan sia-sia. Selain itu juga diharapkan dengan pengolahan ini dapat memperoleh banyak keuntungan.

Mahasiswa KUKERTA juga turut membantu promosi dan juga pemasaran produk untuk menampik stigma masyarakat bahwa lele yang ada di Desa Hangtuah merupakan lele septitenk, padahal lele disini adalah lele organik. Hal ini akan memiliki pengaruh yang baik dalam keberhasilan penjualan, dan akan berpengaruh besar dalam tingkatan perekonomian dan UMKM.

Misalnya seperti dalam usaha ini akan terciptanya peluang baru bagi warga untuk bergerak dibidang ini dan dapat menambah penghasilan sampingan di sekitar daerah desa ini. Selain itu, inovasi tersebut jika berhasil akan menjadi contoh dan daya tarik tersendiri bagi peminatan dikalangan Desa Hangtuah.

Tak hanya berkolaborasi bersama Kelompok PKK Mahasiswa/i KUKERTA Universitas Riau juga turut membantu pengembangan UMKM Green Garden Kampar dalam aspek digital marketingnya. Banyak yang mengatakan bahwa digital marketing itu tentang instagram ads, facebook ads, bahkan yang baru baru ini mengenai tiktokshop.

Nyatanya ini semua cuma sebagian dari digital marketing. Digital marketing ini bukan hanya sekedar posting posting. digital marketing ini juga termasuk frame work dimana kita juga butuh cara menyusunnya, cara membuat konsepnya. Disini Mahasiswa/i KUKERTA Desa Hangtuah tutut membantu digital marketing  pada UMKM Green Garden pada bagian video kreatif, gambar informasi, sosial media, hingga situs web yang tercantum pada instagram akun UMKM Green Garden ini yang akan memudahkan transaksi melalui medsos.

Tujuan dari KUKERTA ini untuk mengetahui perkembangan dari upaya dalam mengembangkan UMKM di desa Hangtuah yang sudah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Riau. Dilakukannya program-program tersebut dapat diharapkan menjadi contoh inspirasi bagi mahasiswa KUKERTA pada masa yang akan datang.

Penulis: Mutiara Ratu Fadilla






Tulis Komentar