Mahasiswa Kukerta UNRI Laksanakan Program Kerja Literasi dan Numerasi Melalui Media Kreatif Serta Interaktif

KILASRIAU.com  - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung Universitas Riau 2022 melaksanakan program kerja literasi dan numerasi di SDN 005 Desa Makmur. Program ini dilaksanakan untuk membantu meningkatkan daya literasi dan numerasi siswa-siswi SDN 005 Desa Makmur dengan memanfaatkan dan memberdayakan potensi yang ada.

Pelaksanaan ini dimulai dari tanggal 6 Juli 2022-13 Agustus 2022 dan telah mendapatkan izin dari Kepala Sekolah SDN 005 Desa Makmur, Sarastri, S.Pd.

Mahasiswa KUKERTA memulai kegiatan dengan menghias perpustakaan SDN 005, membuat pojok baca, membuat poster literasi, dan membuat media belajar numerasi “Pijak Angka” bersama siswa-siswi SDN 005 Desa Makmur.

"Jadi, kegiatan ini dilakukan untuk menambah semangat siswa-siswi SDN 005 Desa Makmur  berkunjung dan membaca buku di perpustakaan. Selain itu, bersama pihak Community Development RAPP, mahasiswa KUKERTA membuat media pijak angka yaitu media pembelajaran numerasi dengan memanfaatkan spanduk bekas lalu dibuat seperti 2 kalkulator raksasa yang terdapat simbol tanda tambah, kurang, kali, dan bagi," kata salah satu mahasiswa Kukerta.

Lebih lanjut ia menjelaskan di Minggu kedua, mahasiswa KUKERTA Desa Makmur mulai masuk ke kelas 1,2,3, dan 4 SDN 005 Desa Makmur untuk mengajar pelajaran dan menggantikan guru yang tidak hadir. Tidak hanya itu, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, mahasiswa KUKERTA Desa Makmur juga membuat lomba mading untuk siswa-siswi SDN 005 Desa Makmur, siswa diminta untuk menyiapkan karya berupa puisi, pantun, poster, dan juga biografi pahlawan yang bertemakan kemerdekaan. Nantinya karya-karya tersebut akan ditempel pada media karton yang disiapkan dan kemudian dihias seindah mungkin.

"Hari Jumat, 5 Agustus 2022 di Lapangan SDN 005 Desa Makmur, kelas 4 dan 5 dikumpulkan untuk mendengarkan pengumuman pemenang lomba mading. Pemenang lomba mading yang terdiri atas juara 1,2, dan 3 akan mendapatkan piala dan bingkisan," ucapnya.

Terakhir acara ini ditutup dengan penyerahan plakat bentuk terimakasih dari mahasiswa KUKERTA Universitas Riau kepada SDN 005 Desa Makmur karena sudah menerima mahasiswa KUKERTA untuk melaksanakan program kerja disana.






Tulis Komentar