Mahasiswa Kukerta Unri Gerakkan Kegiatan Gemar Membaca di SD N 010 Tembilahan Hulu

KILASRIAU.com – Mahasiswa Kukerta Universitas Riau tahun ini melaksanakan kukerta balek kampung dengan beberapa tema program kerja. Salah satunya adalah program literasi, yaitu meningkatkan minat baca terkhususnya anak sekolah. Dalam melancarkan program kerjanya ini, mahasiswa kukerta Unri berkolaborasi dengan perpustakaan keliling TBM Hamfara Library.

TBM Hamfara Library sendiri juga sangat mendukung dengan program kerja mahasiswa kukerta tersebut. Seperti yang dikatakan oleh ketua dan pendiri TBM Hamfara Library, Ridwan Syafi’I Ali bahwa gerakkan ini sudah sangat bagus dan suatu kegiatan Literasi yang patut terus dilanjutkan bagi mahasiswa KKN nantinya dalam meningkatkan minat baca anak-anak.

“Saya harapkan bukan hanya sebatas kegiatan KKN saja, mungkin sehabis KKN ini selesai, mereka bisa mencari komunitas literasi atau perpustakaan di daerahnya masing-masing sehingga dapat menggerakkan minat baca anak-anak secara terus-menerus,” kata ketua TBM Hamfara Library di SDN 010 Tembilahan Hulu, Indragiri Hilir, Jum’at (29/7/2022).

Dalam kegiatan Literasi ini mahasiswa kukerta Universitas Riau melaksanakannya di SD N 010 Tembilahan Hulu, kelurahan Tembilahan Barat pada Jum’at pagi tadi. Mahasiswa kukerta Unri ikut antusias dengan meriahnya dan ramahnya anak sekolah yang menerima kedatangan mahasiswa kukerta Unri di sekolah mereka.

“Kami disini begitu senang karena anak-anak sekolah sangat menerima dan antusias atas kedatangan kami. Saya harapkan anak sekolah akan terus menggemar  membaca buku sesuai yang kami sampaikan melalui sosialisasi gemar membaca. Tidak ada lagi anak-anak yang kecanduan handphone yang sekarang ini menjadi kegelisahan orang tua dan para pendidik di sekolah,” sebut ketua Kukerta Unri Tembilahan Barat,  Gusti Kesumadinata.

Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi tentang pentingnya gemar membaca kemudian menggunakan gerobak baca yang di dalamnya di sediakan berbagai buku yang menarik bagi anak sekolah untuk mau membaca buku. Selain itu, mahasiswa KKN mengadakan beberapa permainan dan pertanyaan menarik dengan hadiah untuk siapa yang menang.

Maraknya anak-anak yang kecanduan gadget menjadi hal yang cukup di khawatirkan bagi beberapa pendidik sehingga kegiatan gemar membaca ini diharapkan dapat membantu meningkatnya daya baca anak-anak sekolah. Hal ini dikatakan sendiri oleh ketua kukerta Unri. Disebutkan juga selama kegiatan  sosialisasi tadi banyaknya anak-anak lebih menyukai bermain dibandingkan menyempatkan beberapa waktu bermainnya untuk membaca buku.

Mahasiswa kukerta Unri cukup puas dengan sosialisasi yang dilakukan di beberapa sekolah. Anak-anak cukup menikmati dan mau ikut dalam membaca di sekolah dengan buku-buku yang menarik yang telah disediakan.

“Kami mengadakan sosialisasi ini ada di dua sekolah di wilayah kelurahan Tembilahan Barat. Sebelumnya di SD N 015 Tembilahan Hulu dan sekarang di SD N 010 Tembilahan Hulu. Kedua sekolah ini sama-sama membuat kami antusias karena anak-anak yang mau bergerak lebih baik lagi untuk giat membaca buku,” sambung lagi dari ketua kukerta Universitas Riau-Gusti Kesumadinata.

Akhir kata ketua kukerta Unri menutup dengan harapan anak-anak sekolah ini selalu mau membaca buku bukan hanya buku cerita tetapi buku dengan wawasan luas guna meningkatkan diri mereka lebih baik, berilmu dan berwawasan luas.






Tulis Komentar