Hut Pertama Gasebu Gelar Kegiatan Sosial dan Lomba

KILASRIAU.com  - Hari ulang tahun Gerakan Sepuluh Ribu (Gasebu) yang pertama menggelar berbagai kegiatan Sosial dan juga kegiatan lomba yang dipusatkan dihalaman masjid besar Jami' Pulau Kijang Kecamatan Reteh yang di mulai sejak tanggal 22-26 November 2021.

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain mengatakan dalam rangka HUT Ke 1 Gasebu melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya Malam HUT Gasebu yang di rangkai dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dengan menghadirkan penceramah Ustd H Andi Lintar Maros, S.Ag sekaligus rangkai pemotongan tumpeng.

"Untuk itu kegiatan Sosial kita melaksanakan kegiatan antara lain Donor Darah bekerja sama dengan PMI, FORKOPIMCAM Reteh,  PGRI, Rumkit Tengku Sulung, Anshor dan DAPM Paduppai mandiri dan dari hasil kegiatan ini berhasil kita kumpulkan sebanyak 74 Kantong darah. Kegiatan Khitanan Massal bekerja sama dengan Rano Kirman (RK) Center Tembilahan dengan Jumlah peserta yang dikhitan sebanyak 32 orang dari 35 pendaftar. Untuk kegiatan Jumat berkah dan gerakan pakaian layak pakai kita juga kembali salurkankan sebanyak 48 paket kepada 48 Kepala Keluarga," kata Ketua Gasebu Jalaluddin, Selasa, (30/11/21).

"Kemudian kegiatan lomba kita laksanakan lomba Puisi Agama Putra Putri dan Lomba Pildacil Putra Putri tingkat SD/MI yang diikuti sebanyak 49 peserta yang berasal dari berbagai lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Reteh," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama H. Suyuthi Amhar dalam sambutannya selaku Pembina Gasebu mengatakan Secara pribadi dan kelembagaan keagamaan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Gasebu. Disaat pola kehidupan masa kini yang lu lu gue gue, masih ada segelintir orang yang karena panggilan hati nurani mau melakukan kebaikan dan peduli terhadap kaum dhuafa.

"Sebagai pembina tentunya saya akan terus bersama Gasebu untuk memberikan masukan saran n kritik dengan harapan semoga kedepan Gasebu semakin memberikan manfaat bagi masyarakat tentunya dengan dukungan dari kita semua," ucapnya.

Selain itu H. Aflizaruddin selaku Kassi Kessos mewakili Camat Reteh dalam sambutannya atas nama pemerintah kecamatan Reteh sangat mengapresiasi dan merasa bangga dengan adanya Gasebu, dalam perjalanan waktu satu tahun sudah banyak memberikan kontribusi  bagi masyarakat bukan hanya kecamatan Reteh tapi bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

"Gasebu sebagai mitra pemerintah dalam kegiatan sosial, kita sudah mendengar dan melihat secara nyata bagaimana Gasebu dengan susah payah menjangkau masyarakat yang kesusahan dari berbagai segi. Karenanya atas nama pemerintah mari kepada kita semua segenap elemen masyarakat kita sisihkan sebagian harta kita untuk kita saluran kepada yang membutuhkan," ujarnya.

H. Lintar Maros dalam ceramahnya menyampaikan kita jangan memandang ibadah itu dalam arti sempit hanya shalat, puasa, zakat. Membuat orang bahagia juga termasuk ibadah. Hadis yang diriwayatkan oleh  Tarmizi bahwa Rasulullah saw ditanya oleh Sahabat Tunjukkan kepada saya mana amalan yang afdhal (paling utama) Rasulullah menjawab ketika  kamu memasukkan kepada saudaramu sesama muslim kebahagian kegembiraan sesungguhnya itu termasuk ibadah yang afdhal. Dan terkait apa yang sudah dilakukan oleh Gasebu saya hanya bisa katakan bahwa anda semua adalah orang orang yang hebat. Teruslah berbuat untuk kemaslahatan bagi ummat karena berbuat kebaikan itu adalah tanggungjawab kita semua

Dalam.kegiatan HUT Gasebu Ke 1 ditandai dengan pemotingan tumpeng oleh ketua Gasebu H Jalaluddin Husain yang didampingi oleh Camat Reteh, Ka KUA Reteh, Lurah, Tokoh Agama dan Masyarakat.

Tidak ketinggalan Inisiator Gasebu Nahrawi saat dimintai tanggapannya terkait satu tahun Gasebu mengatakan bersyukur karena dalam berbagai dinamika yang sudah dialami hari ini Gasebu genap berumur 1 tahun dan berharapan semoga gasebubdan ema ema Gasebu terus dapat menjaga semangat kebersamaannya karena tantangan untuk memperjuangkan kebaikan pasti tidak akan lepas dari tantangan.

"Semoga dengan usia 1 tahun semoga Gasebu semakin lebih baik dan terus menyebarkan kebaikan. Untuk itu yakinlah bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan maka kebaikan itu akan kembali kepada kita tanpa di diduga-duga," tuturnya.

Berikut daftar pemenang lomba yang dilaksanakan Gasebu

Pemenang Juara Lomba Pidacil (Putra dan Putri) dan Lomba Puisi Agama (Putra dan Putri)

Tingkat SD/MI Se Kecamatan Reteh dalam rangka Hari Ulang Tahun Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU) Ke-1 adalah sebagai berikut

@ Lomba Pildacil Putra
- Juara 1   M. ALBI FAKHRIAN (SDS. 040 ALHUSNIYAH PULAU KIJANG)
- Juara 2   AKBAR HIDAYAT (SDN.008 PULAU KIJANG)
- Juara 3   M. NAJIB ANTONI (MIN 3 INHIL)

@ Lomba Pildacil Putri
- Juara  1   NIH LA HUSNA SABILA (MIS SABILIL HUDA) SANGLAR
- Juara  2   ROZIK TRYAS OKFINO (MIS DDI) PULAU KIJANG
- Juara  3   NAJWA SYAKIRA (SDN.010) SUNGAI UNDAN

@ Lomba Puis Putra
- Juara  1   BINTANG FAJRI (SDS.040 ALHUSNIYAH) PULAU KIJANG
- Juara  2   M. FAIZAL MUFIDZ (MIN 3 INHIL)
- Juara  3   M. FAUZAN (SDN.009) PULAU KIJANG

@ Lomba Puisi Putri
- Juara  1   MAIYSA KIRANI PUTRI (SDN.010) SUNGAI UNDAN
- Juara  2   NURUL KHAIRIN (SDN.003) PULAU KIJANG
- Juara  3   HAFIFAH (SDS.040 ALHUSNIYAH) PULAU KIJANG






Tulis Komentar