Pengolahan Limbah Sabut Kelapa di Kecamatan Tembilahan Hulu

Foto: Pengolahan limbah sabut kelapa di Kodim 0314/Inhil, dokpri.

Kilasriau.com, INDRAGIRI HILIR - Pengolahan limbah Sabut Kelapa  merupakan salah satu usaha mikro yang mampu menghasilkan karya bernilai ekonomis dan terjangkau.

Adapun hasil yang didapat dari memanfaatkan limbah sabut Kelapa ternyata banyak sekali karya seni yang dihasilkan seperti Pot Bunga, Tali Tambang, Sapu, Goni untuk menahan Air, bahkan bisa dibuat Busa Tilam.

Seperti yang dilakukan oleh Kodim 0314/Inhil di Kecamatan Tembilahan Hulu yang mengolah limbah sabut kelapa untuk dibuat menjadi berbagai produk kerajinan tangan.

“Yang kita produksi ini ada Tali tambang, Jaring Anyaman Serat Sabut, Pot Bunga Besar dan Kecil, Sapu Ijok, dan Tali Pintal Panjang,” ujar dandim 0314/Inhil, Letkol Imir Faishal pada tahun lalu.

Diketahui, projek pilot di Kodim 0314/Inhil itu sempat berjalan selama setahun, akan tetapi untuk saat ini projek tersebut untuk sementara stop produksi dalam pengolahan limbah sabut kelapa tersebut.

Selain itu mengenai sabut kelapa, dari informasi yang di dapat dari beberapa petani di Kecamatan Tembilahan Hulu, saat ini sabut kelapa hanya digunakan sebagai untuk  timbunan serta dimanfaatkan untuk  peninggi tanaman. (Adv/Arbain)






Tulis Komentar