Sofyan Basir Diduga Tawarkan Proyek PLTU Riau untuk Bos Blackgold

KILASRIAU .COM - Eks Wakil Ketua Komisi VII DPR Fraksi Golkar, Erni maulani Saragih, menjadi saksi untuk terdakwa pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. 

Dalam persidangan itu, Eni mengaku pernah memfasilitasi pertemuan antara mantan Ketua DPR Setya Novanto alias Setnov dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Rumah Setya Novanto untuk membahas proyek yang ingin dikerjakan Johannes Kotjo. 

""Yang saya ingat (Pak Sofyan bilang) yang di Jawa sudah penuh tapi kalau di luar Jawa dipastikan bisa. Yang di luar Jawa itu yang bisa dipastikan oleh Pak Sofyan Basir," kata Eni di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (11/10). 

Dalam dakwaan Kotjo, saat itu Setnov meminta proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Jawa 3 yang berada di Gresik, Jatim kepada Sofyan Basir agar diserahkan kepada Johannes Kotjo. Namun, Sofyan Basir menjawab jika PLTGU Jawa III sudah ada kandidat, sedangkan proyek PLTU Riau-1 belum ada kandidatnya. 

Seiring dengan berjalannya waktu, Eni mengatakan akhirnya Johannes Kojto sepakat dengan PLN untuk mengerjakan proyek di luar Jawa yakni PLTU Riau-1. Berdasarkan dakwaan Kotjo, total Sofyan Basir terlibat setidaknya sembilan pertemuan yang membahas proyek PLTU Riau-1. 

"(Proyek yang dikerjakan) yang di luar Jawa, yang di Riau-1," ucapnya

 






Tulis Komentar