Hamparan Perkebunan Kelapa di Kecamatan Tembilahan Hulu

Perkebunan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir di Kecamatan Tembilahan hulu, foto Arbain

Kilasriau.Com, INDRAGIRI HILIR - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang dikenal dengan julukan 'Negeri Hamparan Kelapa Dunia' ini memiliki potensi besar dalam bidang perkebunan untuk komoditi kelapa.

Potensi perkebunan pada komoditi kelapa itu seluruhnya dimiliki oleh setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten yang juga berjuluk 'Negeri Seribu Parit'. Salah satunya adalah Kecamatan Tembilahan Hulu. 

Berdasarkan data yang didapat melalui Dinas Perkebunan Inhil tahun 2019, dari keseluruhan luas perkebunan kelapa di Inhil yang tersebar pada 20 kecamatan (400.740,84 hektar), 340.773 hektar diantaranya adalah perkebunan kelapa jenis Kelapa Dalam, dan 59.967,84 hektar adalah perkebunan kelapa jenis Kelapa Hibrida.

Untuk Kecamatan Tembilahan Hulu, perkebunan kelapa jenis Kelapa Dalam memiliki luas 5.036 hektar, dengan potensi produksi hasil perkebunan tercatat pada semester II (Juli-Desember) 2019 mencapai 5.018.602 kilogram.
 
Sedangkan luas perkebunan kelapa jenis Kelapa Hibrida pada Kecamatan Tembilahan Hulu memiliki luas 947 hektar, dengan potensi produksi hasil perkebunan Kelapa Hibrida tercatat pada semester II (Juli-Desember) 2019 mencapai 903.930 kilogram.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil, Drs. Sirajuddin, MM melalui Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Ardiansyah, SE menyampaikan, berdasarkan data di tahun 2019 untuk perkebunan kelapa jenis Kelapa Dalam di Kecamatan Tembilahan Hulu terdapat 1.028 jumlah petani kelapa atau KK yang memiliki perkebunan tersebut.

Sedangkan untuk perkebunan kelapa jenis Hibrida, terdapat 383 petani kelapa yang memiliki perkebunan kelapa jenis Hibrida di Kecamatan Tembilahan Hulu.

"Artinya secara umum, terdapat seribu lebih masyarakat di Kecamatan Tembilahan Hulu yang perekonomiannya ditopang melalui hasil dari produksi perkebunan kelapa," imbuh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Ardiansyah, SE.

Untuk diketahui, luas hamparan perkebunan kelapa jenis Kelapa Dalam di Kecamatan Tembilahan Hulu berada pada nomor 16 dari 20 kecamatan di Kabupaten Inhil.

Sedangkan untuk jenis Kelapa Hibrida, Kecamatan Tembilahan Hulu berada pada urutan nomor 7 terluas dari 20 kecamatan yang memiliki hamparan perkebunan kelapa jenis Hibrida. (Adv/Arbain)






Tulis Komentar