Wao, Ini Kapal Patroli Milik AL Belanda saat Membumihanguskan Tembilahan Tahun 1949

KILASRIAU.com - Hr. Ms. Batjan Kapal Patroli milik Angkatan Laut Kerajaan Belanda (Koninklijke Marine) dengan nomor Lambung P 10 menyerang Kota Tembilahan pada 4 Januari 1949 dalam mendukung Operatie Modder masa Agresi Militer II untuk merebut Tembilahan, Rengat dan Air Molek.

Kapal ini sebelumnya bernama HNMS Lismore jenis Korvet milik Royal Australian Navy sekaligus sebagai kapal penyapu ranjau. Dibeli oleh Angkatan Laut Kerajaan Belanda berganti nama menjadi Hr. Ms. Batjan. 

Sebelum dijadikan sebagai kapal patroli (P 10) pernah berfungsi sebagai kapal penyapu ranjau (MV 25) dan kapal korvet (PK 5). Dengan dimensi 66,8 x 9,5 x 3,3 meter dan waterverplaatsing 800 ton serta mesin 1.750 HP memiliki kecepatan 15 knot perjam.

Dengan persenjataan 1 buah meriam 10,2 cm, 1 buah senapan mesin 4 cm dan 2 buah senapan mesin 2 cm serta 1 buah Meriam pom-pom 40 cm sebagai merian anti - pesawat udara dibantu oleh persenjataan 4 buah kapal patroli Sungai (RP 107, RP 109, RP 119 dan RP 132) telah membumi hanguskan kota Tembilahan pada tanggal 4 Januari 1949.

Pada saat bersamaan pesawat tempur P-51 dan pesawat pembom B-52 melakukan aksi penembakan mendukung serangan dari kapal perang yang berada Sungai Indragiri.

Perlawanan hanya sesaat dari TNI karena kekuatan persenjataan yang tidak seimbang. Evakuasi dan pengungsian penduduk Tembilahan dilakukan untuk menyelamatkan nyawa dari muntahan peluru yang dilepaskan tentara Belanda.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir, Junaidy Ismail mengatakan, peristiwa tragis ini pernah diceritakan para datuk nenek kita, tapi tidak pernah tercatat secara rinci.

"Selanjutnya saya mendapatkan sumber tertulis yang beberapa catatan yang ditulis oleh para peneliti Belanda yang tersirat ingin menyatakan bahwa keberhasilan merebut Rengat karena didukung Kapal Perang yang mengangkut pasukan KNIL telah berhasil menguasai Tembilahan," jelasnya, Jumat (12/02/21).(*)






Tulis Komentar