Pesta Perayaan Hallowen Berubah Jadi Tragedi Mengerikan

KILASRIAU.com, - Pesta perayaan Halloween di Itaewon, Seoul Korea Selatan, pada Sabtu (29/10/2022) malam berubah menjadi tragedi yang merenggut sedikitnya 150 jiwa.

Dikutip dari Tempo.co, seorang saksi mata Jeon Ga-eul (30), yang berada di lokasi saat kejadian menuturkan, sejumlah jenazah berjejer di trotoar dan badan jalan di distrik Itaewon yang ramai.

"Teman saya berkata sesuatu yang mengerikan sedang terjadi di luar," kata Jeon Ga-eul. "Kemudian saya pergi ke luar untuk melihat dan ada orang yang melakukan CPR di jalan."

Kerumunan sangat padat pada Sabtu malam. Jeon mengatakan, sebelum bencana, dia sudah merasa tidak aman. "Ada begitu banyak orang yang didorong dan saya terjebak di antara kerumunan. Saya tidak bisa keluar pada awalnya," katanya. "Saya merasa seperti kecelakaan pasti akan terjadi."

Perayaan Halloween tahun ini adalah yang terbesar pertama sejak pandemi Covid-19. Puluhan ribu orang  yang kebanyakan berusia muda, turun ke distrik yang terletak di dekat bekas pangkalan militer AS ini. Itaewon adalah daerah terkenal dengan bar dan klubnya. 

Distrik yang diabadikan oleh drama Korea populer 2020, Itaewon Class, adalah lorong-lorong yang miring dan berkelok-kelok di kedua sisi jalan utama. Sebelum tragedi terjadi, massa menyesaki gang sempit dekat Hotel Hamilton di Itaewon.

Dengan jumlah korban yang sangat banyak, para petugas darurat meminta orang yang lewat untuk memberikan pertolongan pertama dan melakukan CPR pada korban di jalan-jalan. Mayat orang-orang yang tewas akibat terinjak-injak tergeletak berjajar, ditutupi dengan selimut atau kain darurat.

Ratusan ambulans berbaris di depan Rumah Sakit Universitas Soon Chun Hyang, yang berada di dekat Itaewon. Sebagian besar korban dibawa ke rumah sakit itu.

Polisi telah menutup lokasi kejadian. Usai tragedi, warna merah berpendar dari ratusan lampu yang berkedip, dengan diiringi musik yang terus diputar dari beberapa bar.

Orang-orang yang lewat bingung dan duduk di trotoar. Mereka memeriksa ponsel. Yang lain menghibur diri mereka sendiri, saling berpelukan. Ada juga yang tidak menyadari skala tragedi yang terjadi di sebelah dekat mereka dan terus merayakan Halloween. 

Penyelidik polisi menjelajahi lorong-lorong yang dipenuhi puing-puing. "Selalu ramai, tapi belum pernah terjadi hal seperti ini sebelumnya," kata Ju Young Possamai, 24, seorang bartender di distrik Itaewon.

"Saya telah menghadiri banyak pesta Halloween di Korea," katanya, menambahkan. "Saya tidak pernah berpikir bahwa hal seperti ini bisa terjadi di Korea, terutama di Itaewon."

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, telah memimpin pertemuan darurat dengan pembantu senior. Ia memerintahkan satuan tugas dibentuk untuk merawat yang terluka, serta meluncurkan penyelidikan menyeluruh penyebab bencana.

Sejumlah pemimpin dunia mengucapkan duka atas insiden ini. "Semua pikiran kami dengan mereka yang saat ini menanggapi dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini," kata Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dalam akun Twitter-nya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, "Kami mengirimkan pikiran dan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga dan teman-teman yang meninggal dan terluka, serta kepada orang-orang (Korea Selatan) karena mereka berduka atas tragedi mengerikan ini.






Tulis Komentar