Pengurusan Adminduk di Disdukcapil Kabupaten Inhil, Sementara Waktu Menggunakan Situs Online

KILASRIAU.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tidak melayani kepengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara kontak langsung atau bertatap muka.

Hal tersebut di ungkapkan Nursal, Sekretaris Disdukcapil Inhil saat dihubungi melalui sambungan seluler menuturkan bahwa dalam mengantisipasi tertularnya atau penyebaran virus corona di Kabupaten Inhil yang membahayakan diri sendiri dan orang banyak.

“Kami dari Disdukcapil Inhil menghimbau kepada masyarakat untuk memaklumi keadaan sekarang ini dan menunda dulu datang ke Disdukcapil Inhil,” kata Nursal, Sekretaris Disdukcapil Inhil, Minggu (22/3/2020) siang.

Dijelaskannya, penundaan kepengurusan Adminduk secara tatap muka di Disdukcapil Inhil semua bentuk dokumen. Baik Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak dan lainnya.

Penundaan pelayanan tatap muka ini sampai waktu yang ditentukan kemudian, hal ini sejalan dengan himbauan Pemerintah serta pihak lainnya Surat Drijen Dukcapil nomor 443.1/2978 tanggal 16 Maret 2020 tentang pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencegahan Virus Corona (Covid-19) agar menghindar terjadinya perkumpulan orang ramai.

“Saya mohon maap atas ketidak nyamanan ini, semoga kita semua dapat menjaga kesehatan. Kami InsyaAllah akan tetap kerja untuk anda, kami harap anda tetap dirumah untuk kita semua,”lanjutnya.

Penundaan pelayanan kontak langsung atau tatap muka di mulai dari 23 Maret 2020 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian. Tetapi bisa melalui online di situs resmi https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id dan melalui wa Front Office per Kecamatan yang akan di infokan lebih lanjut.

“Untuk yang membutuhkan dokumen kependudukan karna keperluan yang mendesak, urgen menyangkut nyawa seseorang akan tetap dilayani dengan melampirkan bukti pendukung dan memperhatikan prosedur pencegahan pendemi covid-19 dari BPJS atau Rumah Sakit yang bersangkutan,”jelasnya.

Meski ditengah wabahnya virus corona, petugas Disdukcapil tetap bekerja menyelesaikan permohonan Adminduk yang lama dan melayani yang baru secara online.
(**)






Tulis Komentar