Kabupaten Inhu: Jarak Pandang Menurun Jadi 800 Meter

Ilustrasi

KILASRIAU.com - Jarak pandang atau visibility di sebagian wilayah di Riau menurun dibanding hari-hari biasanya. Seperti di kabupaten Indragiri Hulu, jarak pandang hanya 800 meter.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki, mengatakan bahwa jarak pandang yang sangat terbatas ini bukan disebabkan oleh kabut asap.

"Penyebabnya bukan asap, tapi kabut," ujar Marzuki, Kamis (30/5/2019).

Disampaikan Marzuki, kabut ini mengandung butiran-butiran air yang lebih banyak. Adapun proses terjadi pembentukannya adalah pada malam dan dini hari.

"Jarak pandang memang jadi terbatas, tapi kabut ini hanya bersifat sementara. Adanya sinar matahari akan sebabkan terjadi penguapan uap air, sehingga semakin siang, maka keadaan semakin terang dan membaik," ucapnya.

Lanjut Marzuki, untuk prakiraan cuaca hari ini, ada potensi hujan terjadi pada siang dan dini hari.

"Siang hari potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau," cakapnya.

Malam hari cuaca cerah berawan, dan dini hari potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Rohul, Inhil, dan juga Rohil.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 24.0 – 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 58 – 98 persen. Sementara arah angin berhembus ke arah tenggara – Selatan dengan kecepatan 10 - 30 kilometer per jam.






Tulis Komentar