Inilah Lokasi yang Bakal Jadi Ibu Kota Baru RI

Foto: Ibu Kota ke Mana? (Mindra Purnomo/detikcom)

KILASRIAU.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan ada beberapa wilayah yang memiliki risiko rendah bencana. Wilayah dengan risiko bencana rendah tersebut jadi faktor penentu lokasi ibu kota baru Indonesia.

"Kita hanya identifikasi, karena wilayah itu sejarah bencananya rendah," kata Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Namun, wilayah tersebut belum tentu menjadi pilihan sebagai calon ibu kota Indonesia yang baru.

Bambang mengungkapkan, salah satu kriteria wilayah calon ibu kota negara yang baru adalah memiliki risiko bencana yang rendah. Dia bilang, wilayah tersebut Sumatera bagian timur, seluruh Kalimantan, dan Sulawesi bagian selatan.

"Kriterianya, kita ini rawan bencana maka harus pilih risikonya paling kecil, paling rendah risikonya dan itu sudah kita petakan," ujar dia.

"Maka ada beberapa lokasi, kalau melihat peta kebencanaan itu Sumatera bagian timur itu relatif bencana kecil, Kalimantan keseluruhan, Sulawesi bagian selatan," tambah dia.

Hanya saja, Bambang menegaskan bahwa daerah yang menjadi calon belum diputuskan dan masih dikonsultasikan dengan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK).






Tulis Komentar