Hari Kartini, Perempuan Indonesia Kini Bisa Menjadi Apa Saja

Ilustrasi perayaan Hari Kartini. (ANTARA FOTO/Seno)

KILASRIAU.com - Hari Karti diperingati setiap tahun pada 21 April, bertepatan dengan hari lahir Raden Ajeng Kartini. Kartini dianggap sebagai tokoh pergerakan dan emansipasi perempuan Indonesia. Semangat Kartini hingga saat ini masih relevan untuk perjuangan perempuan.

Perjuangan Kartini sejak 140 tahun lalu membawa banyak perubahan untuk perempuan Indonesia. Perempuan masa kini bahkan bisa menjadi apa saja. 

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menilai perempuan Indonesia kini tak lagi menghadapi persoalan dikotomi.

Menurut Pramono, kemajuan perempuan Indonesia ini tak bisa dipisahkan dari perjuangan Kartini.
"Sekarang ini sebenarnya, orang mendikotomikan antara perempuan dan laki-laki itu bukan hal yang perlu dibedakan. Karena dalam profesi apapun, yang namanya perempuan, itu bisa menjadi apa saja," kata Pramono, dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet (21/4).

Pramono mencontohkan dalam kabinet pemerintahan saat ini, terdapat sembilan perempuan yang menjadi menteri di posisi yang strategis seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain di bidang pemerintahan, perempuan Indonesia juga berkarya hingga dunia internasional seperti menjadi koki hingga sutradara di Hollywood seperti Livi Zheng. Hal ini membuktikan perempuan punya kesempatan yang sama dengan laki-laki.

"Hampir semua jabatan, tidak lagi perlu diperdebatkan, apakah ini jabatan laki-laki atau jabatan perempuan.Ini yang dirawat, ini yang harus dipelihara. Terus dijaga agar perempuan-perempuan Indonesia tetap menjadi perempuan petarung dalam dunia global," ucap Pramono.


"Perempuan Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain, ya, Indonesia begitu bersyukur founding father kita, terutama terinspirasi dari Ibu kita Kartini, memberikan ruang, peluang yang cukup luar biasa bagi perempuan untuk berkembang di Indonesia," tutur Pramono.

Dengan perkembangan ini, pada 2045 saat mendapatkan bonus demografi, diharapkan perempuan Indonesia dapat membawa Indonesia menjadi kekuatan keempat di dunia. Selamat memperingati Hari Kartini.






Tulis Komentar