Desa Sungai Luar Berhasil Raih Juara 2 Dalam Apresiasi Desa Wisata Riau 2023 Kategori Kelembagaan dan CHSE

Sumber foto Website Instagram Disparporabud Kabupaten Indragiri Hilir

KILASRIAU.com  - Bertempat di Riau Garden Dinas Pariwisata Provinsi Riau menggelar Pengumuman Pemenang Lomba Desa Wisata Riau Apresiasi Desa Wisata Riau Tahun 2023 Sabtu malam (02/12/23).

Dimana pada malam Pengumuman Pemenang Lomba Desa Wisata Riau tersebut desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hiir (Inhil) berhasil meraih juara II dalam kategori kelembagaan dan CHSE.

Selain itu juga, malam Anugrah Pariwisata tersebut langsung diberikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau ke Kepala Disparporabud Kabupaten Inhil Qudri Ramaputera sebagai wujud apresiasi Desa Wisata Riau 2023.

Diketahui Lomba Desa Wisata Riau Apresiasi Desa Wisata Riau Tahun 2023 merupakan hasil penilaian yang artinya adalah murni dilakukan oleh Dewan Juri Lomba yang terdiri dari berbagai elemen pariwisata, seperti Direktur Sekolah Tinggi Pariwisata  Riau, Asesor Tingkat Nasional dan Praktisi Pariwisata.

"Alhamdulillah kita sangat bersyukur sekali dengan keberhasilan yang diraih oleh desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Inhil menjadi juara II dalam kategori kelembagaan dan CHSE yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Provinsi Riau," kata Kadisparporabud Qudri Ramaputera.

Dikesempatan tersebut, Kadisparporabud Qudri Ramaputera menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memberikan apresiasi bagi pegiat wisata dan untuk memotivasi agar selalu menggali potensi wisata di Riau khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Inhil.

"Untuk itu,  Anugrah yang diraih malam ini merupakan suatu kebanggaan serta menjadi motivasi bagi Kabupaten Inhil khususnya desa Sungai Luar. Kedepannya tentunya kita sangat berharap Wisata di Kabupaten Inhil makin maju dan berkembang serta Wisata Inhil lebih banyak dikenal di seluruh dunia," imbuhnya.

Sebelumnya, Dewan juri telah menetapkan pemenang 12 besar lomba desa wisata dan apresiasi desa wisata Riau 2023. Juara 1 diraih oleh Desa Wisata Tanjung Punak, Kabupaten Bengkalis, juara 2 diraih oleh Desa Wisata Pebaun Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi. Lalu juara 3 diraih oleh Desa Wisata Koto Ruang, Kabupaten Rokan Hulu.

Kemudian, ada pula apresiasi desa wisata berdasarkan kategori daya tarik pengunjung. Juara unggulan 1 adalah Desa Wisata Kampung Bono, Kabupaten Pelalawan dan juara unggulan 2, yaitu Desa Wisata Kota Lama, Kabupaten Indragiri Hulu.

Untuk juara kategori homestay dan toilet, adalah Kampung Wisata Okura, Pekanbaru. Kemudian, pada kategori kelembagaan dan CHSE, juara unggulan 1 diraih Desa Wisata Tanjung Belit, Kabupaten Kampar dan juara unggulan 2, adalah Desa Wisata Sungai Luar, Kabupaten Indragiri Hilir.

Kemudian, pada kategori digital kreatif, juara unggulan 1 diraih oleh Desa Wisata Sungai Mempura, Kabupaten Siak. Desa Wisata Batu Tilam, Kabupaten Kampar meraih juara unggulan 2.

Untuk kategori souvenir, juara unggulan 1 diraih oleh Desa Wisata Langgam, Kabupaten Pelalawan. Sementara, Desa Wisata Kedabu Rapat, Kabupaten Kepulauan Meranti meraih juara unggulan 2. **






Tulis Komentar