Tingkatkan Potensi Daya Tarik Wisata, Disparporabud Inhil Gelar Pelatihan Desa Wisata

KILASRIAU.com - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan Budaya (Disparporabud) menggelar Pelatihan Desa Wisata tahun 2023 di lingkungan Disparporabud Inhil di salah satu hotel di Kota Tembilahan, Selasa (24/10/23)

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Kepala Disparporabud Inhil Qudri Ramaputera dihadiri oleh staff dan jajaran Disparporabud Inhil, Narasumber Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Dayun, Novico Fishuri dan Osvian Putra.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari 6 Kecamatan di Kabupaten Inhil diantaranya Kecamatan Batang Tuaka, Kuindra, Tembilahan Hulu, Tempuling, Kempas dan Kemuning.

Qudri Ramaputera menjelaskan Desa Wisata merupakan suatu Wilayah dengan luas tertentu dan memiliki potensi daya tarik wisata yang memiliki keunikan setempat (kearifan lokal) yang khas dengan komunitas Masyarakatnya yang mampu menciptakan perpaduan Berbagai daya tarik wisata dengan fasilitas pendukungnya Untuk menarik kunjungan wisatawan.

Dia mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada Pelaku Desa Wisata yang ada di Kabupaten Inhil.

"Dengan pelatihan ini diharapkan dapat dipahami dan mampu menjadikan desa wisata menjadi salah satu bentuk percepatan pembangunan desa terpadu untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di dalamnya," kata Rama.

Terkahir, Rama berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti dan memanfaatkan pelatihan ink dengan sebaik-baiknya agar kedepannya para Pelaku Desa Wisata ini mampu meningkatkan kualitas Wisata Desa.

"Desa wisata yang telah maju nantinya akan memberikan efek domino berupa peningkatan kualitas lingkungan, kesejahteraan masyarakat dan kelestarian budaya," pungkasnya. (Adv)






Tulis Komentar