BPJS Ketenagakerjaan Mengadakan Sosialisasi Serta Penyerahan Santunan JKM Kepada Ahli Waris Dari Pemdes dan Anggota BPD Desa Muara Tobek

Kilasriau.com - BPJS Ketenagakerjaan Kuantan Singingi Mengadakan Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dengan Pekerja Informal Desa Muara Tobek Kec. Pucuk Rantau dan Simbolis Penyerahan Santunan JKM kepada Ahli Waris dari Pemdes dan Anggota BPD Desa Muara Tobek Kecamatan Pucuk Rantau.

Dalam rangka memberikan pemahaman kepada Kepada Pekerja Informal, BPJS Ketenagakerjaan Kuantan Sisingi menggelar kegiatan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan Kepala Desa, BPD, Pemdes dan Ahli Waris serta Masyarakat Pekerja Informal Desa Muara Tobek. Bertempat di Kantor Desa Muara Tobek Kec. Pucuk Rantau Kuantan Singingi.

Kepala Desa Muara Tobek, Hariantoni, dalam arahannya ketika membuka kegiatan sosialisasi mengatakan, saat ini terdapat banyak tenaga kerja rentan, yang perlu mendapat perhatian terkait perlindungan sosial ketenagakerjaan. Oleh karena itu, program ini hadir sebagai bentuk perlindungan bagi pekerja rentan bukan penerima upah, dengan bentuk perlindungan resiko kecelakaan kerja dan meninggal dunia. 

Banyak manfaat yang didapat dari Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, namun masih sangat terbatas informasi yang didapatkan masyarakat. Maka sangat diperlukan sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada seluruh masyarakat.  program ini sangat penting karena iuran yang dibayar relatif kecil, tetapi manfaatnya sangat besar. Sehingga para tenaga kerja informal diminta melakuakn pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan tegasnya.

Pada kesempatan ini juga, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kuantan Singingi Faisal Marianas menyerahkan santunan Jaminan Kematian kepada ahli waris peserta BPJAMSOSTEK, yaitu kepada ahli waris Alm Muhaimin (BPD) meninggal Februari 2023 dan ahli waris Alm Sakirman (Pemdes) meninggal Juni 2023. Keduanya mendapatkan santunan kematian sebesar Rp. 42.000.000 dari BPJAMSOSTEK.
“Ini merupakan bentuk kehadiran negara melalui BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat. Untuk itu, semoga santunan yang diberikan bisa bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan,” ujar Faisal.

Terakhir, Faisal mengajak kepada seluruh masyarakat yang bekerja dan memiliki kegiatan ekonomi di wilayah Desa Muara Tobek untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan mendaftarkan pada kantor BPJAMSOSTEK Taluk Kuantan. Karena sangat banyak manfaat yang bisa kita rasakan ketika menjadi peserta BPJAMSOSTEK. Apalagi saat ini, untuk menjadi peserta BPJAMSOSTEK tidak harus karyawan perusahaan, tetapi bisa kepada pekerja yang bukan penerima upah seperti petani, tukang ojek, pengurus RT/RW, pegawai di Kantor Desa, para pedagang, supir angkot dan lain-lain,” ujar Faisal.

“Untuk itu mari menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, agar mendapatkan perlindungan dari resiko kecelakaan kerja, kematian, hari tua, pensiun dan kehilangan pekerjaan,” ajaknya.

Dilain kesempatan Rulli Jaya Santika selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Rengat menambahkan Ia mendorong Desa berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan dan harapannya bisa lebih banyak masyarakat pekerja yang mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu manfaat dari keikutsertaan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, yaitu terkait bantuan santunan kematian dan beasiswa bagi anak sekolah TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi S1.






Tulis Komentar