Warga RW II Desa Sialang Panjang Kecamatan Tembilahan Hulu Beramai-ramai Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Foto bersama setelah mengikuti Sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan

KILASRIAU.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) atau BPJS Ketenegakerjaan Cabang Indragiri Hilir, menyerahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Kepada Warga RW II Desa Sialang Panjang di saat Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan di salah satu rumah warga, Sabtu (15/07/2023).

Seperti diketahui bersama BP JAMSOSTEK diamanahkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Peyelenggara Jaminan Sosial. Memberikan perlindungan sosial adapun Program yang diselenggarakan BP Jamsostek yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun ( JP), Jamianan Kehilangan Pekerjaan ( JKP) dan Jaminan Kematian (JKM)

Program Jaminan Sosial adalah perlindungan sosial untuk menjamin seluruh tenaga kerja dan keluarganya agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak pada saat terjadi resiko yang menyebabkan berkurangnya atau hilangnya penghasilan, Program yang diikuti adalah Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) Iuran Program JKK dan JKM dengan Iuran sebesar Rp.16.800- (Enam belas ribu delapan ratus rupiah) per orang per bulan atau Rp.201.600 (Dua ratus seribu enam ratus  Rupiah) per orang per tahun. Dengan manfaat biaya pengobatan tanpa batas, biaya tranportasi dari lokasi kecelakaan kerja ke rumah sakit, kelas rawatan kelas 1, santunan cacat sebesar 56 x upah, santunan meninggal karna kecelakaan kerja sebesar 48 x upah, santunan meninggal bukan karena kecelakaan kerja sebesar 42 jt, dan beasiswa untuk 2 orang anak maksimal 174 jt dari TK sampai Kuliah

Salah seorang warga menyampaikan bahwa "Kami sudah lama ingin mendaftar program BPJS Ketenagakerjaan, dengan iuran yang murah namun manfaatnya luar biasa untuk keluarga dan anak kami nantinya. Tapi kami bingung harus mendaftar  dan bayar iuran dimana, kalau harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di tembilahan terlalu besar biaya kami kesana dan kami tak punya banyak waktu karena kami harus pergi ke kebun setiap hari," pungkasnya.

Sementara itu, ketua RW II dan RT yang juga ikut hadir dalam acara tersebut menyampaikan "Alhamdulillah saat ini di Desa Kami sudah ada AGEN PERISAI yang mempermudah kami untuk mendaftar dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, sehingga warga kami tidak perlu repot-repot  lagi ke Tembilahan. Kami sangat yakin semua masyarakat di Kab. Indragiri Hilir ini ingin mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, tapi masih terkendala jarak dan waktu untuk datang ke kantor, mudah-mudahan setelah ini AGEN PERISAI hadir di seluruh penjuru Desa di Kab. Indragiri Hilir, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendaftar dan bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Di kesempatan lain, Kepala BPJamsotek Inhil Muhammad Ridwan menyampaikan, saat ini masih banyak pekerja informal di Kab. Indragiri Hilir yang belum terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan seperti petani, nelayan, pedagang, tukang bangunan, tukang ojek, buruh bongkar muat, dan lainnya.

"Untuk itu, BPJS Ketenagakerjaan terus perupaya agar informasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan ini sampai ke pelosok Desa, dengan adanya AGEN PERISAI ini di harapkan mempercepat perluasan informasi dan memudahkan masyarakat untuk mendaftar dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan. Jika semua pekerja informal sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan maka kita dapat membantu menekan resiko kemiskinan ekstrim yang akan terjadi khusunya di Kab. Indragiri Hilir," jelasnya.

Diakhir acara terlihat juga masyarakat sangat antusias mendengarkan paparan nara sumber serta beramai-ramai mendaftarkan dirinya ke pesertaan BPJAMSOSTEK.**






Tulis Komentar