Bupati Buka Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Kabupaten Inhil di Kecamatan Tempuling

Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Tempuling menggelar Pelatihan Pencrgahan dan Penanggulangan Stunting Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu (17/12/2022).

Kilasriau.com - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Tempuling menggelar Pelatihan Pencrgahan dan Penanggulangan Stunting Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu (17/12/2022).

Bertempat di Gedung Olahraga Kecamatan Tempuling, pelatihan pencegahan dan penanggulangan stunting ini secara resmi dibuka oleh Bupati Inhil H. Muhammad Wardan.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 45 orang peserta yang teridiri dari TP PKK Desa, Kader Posyandu dan KPM stunting, serta Siswi SMA/Sederajat yang merupakan Wanita Usia Subur (WUS) yang perlu di edukasi sejak dini.

Bupati H. Muhammad Wardan mengatakan, Kecamatan Tempuling ini merupakan Kecamatan yang ke 18 dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Inhil melaksanakan pelatihan pencegahan dan penanggulangan stunting.

"Pelatihan pencegahan dan penanggulangan stunting ini penting dilakukan, karena ini merupakan perintah dari Presiden RI Joko Widodo. Selain itu karena memang stunting itu bahaya sekali, stunting adalah kondisi gagal tumbuh dan berkembangnya anak terutama balita," ucapannya.

Untuk itu Pemerintah telah meluncurkan strategi percepatan penurunan stunting, dimana salah satu pilarnya yaitu menekankan pentingnya konvergensi intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif ditingkat pusat, daerah dan desa, terang Bupati

"Pemerintah Kabupaten Inhil sendiri telah melakukan penjabaran kegiatan berupa Gerakan Satu Hati (GSH) yang didukung oleh berbagai pihak. Dimana kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang amat penting dalam menggebrak desa dan kelurahan supaya sadar dan peduli terhadap persoalan stunting," tuturnya

Diakhir acara dilakukan penyerhan secara simbolis 10 paket bantuan dari Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Sosial untuk keluarga stunting dan penyerahan BLT dalam rangka penanganan dampak inflasi. Bantuan sosial sembako DID.

Turut juga hadir dalam kesempatan Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan yang juga merupakan Ketua GSH sekaligus Bunda Asuh Stunting Kabupaten Inhil, Pimpinan OPD dilingkup Pemkab Inhil, Camat dan Unsur Forkopimcam Kecamatan Tempuling serta tamu undangan.**






Tulis Komentar