Alumni SMA N 1 Sentajo Raya, Aldi Sumbari Putra Tampil di Istanbul Turki

 

KUANTAN SINGINGI - Kembali Putra Kuantan Singingi mengukir prestasi di negeri orang. Kali ini, Aldi Sumbari Putra alumni SMA N 1 Sentajo Raya yang juga kelahiran Sentajo Raya, kini duduk di bangku perkuliahan ISI Padang Panjang, harumkan negeri dengan mengikuti ajang kesenian event Internasional di Istanbul Turki.

Diketahui, Aldi Sumbari Putra anak dari Bapak Syafrizal dan Ibu Harianis. Dimana orang tua dari Aldi Sumbari Putra ini berasal dari Sumatera Barat. Aldi Sumbari Putra yang kelahiran Sentajo Raya ini, kini menjadi seorang Mahasiswa ISI Padang Panjang. Diketahui juga bahwa sejak dirinya bersekolah di SMA N 1 Sentajo Raya, kabupaten Kuantan Singingi, Riau, beliau aktif di Sanggar Seni Kuantan Mekar (SSKM) binaan Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd.

Pada ajang kesenian yang digelar secara internasional di Istanbul, Aldi Sumbari Putra ikut bersama kontingen Tari dari ISI Padang Panjang yang mewakili Indonesia.

Dimana, pegelaran seni event "Internasional Folk Dance Boshporus" di Istanbul Turki tersebut diadakan pada 22 hingga 25 Oktober 2022 lalu, di Acvilar Istanbul, yang disaksikan oleh ratusan manusia. Aldi Sumbari Putra sendiri bermain dengan alat Musik Akordion saat itu.

Festival Boshporus tersebut merupakan event persahabatan antar kelompok tari dari berbagai negara. Partisipasi Indonesia dalam event-event kebudayaan Internasional merupakan upaya nyata promosi dan diplomasi budaya yang terus diperkuat KJRI Istanbul dalam rangka memperkenalkan warisan budaya Indonesia kepada dunia Internasional.

Menurut keterangan Ronaldo, pembina seni Aldi Sumbari Putra ini, mengatakan bahwa Aldi sangat aktif di bidang seni dan berkesenian saat sekolah di SMA N 1 Sentajo Raya ketika itu, sehingga beberapa alat musik sudah dikuasainya, mulai dari alat musik Keyboard, Akordion hingga Biola.

"Iya, Aldi ini sangat aktif dalam bidang seni. Bahkan Aldi menguasai beberapa alat musik," kata Ronaldo pada Rabu (26/10/2022) malam di Teluk Kuantan.

Ronaldo Rozalino, Guru Seni Budaya SMA N 1 Sentajo Raya berharap kedepannya siswa/i bisa terus mengasah bakat masing-masing yang ada di sekolah.

Menurut Ronaldo, banyak alumni yang mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional. Intinya jangan berhenti terus dan tetap berproses dan berkarya di bidang masing-masing yang diminati.

"Selagi mau berproses dan berlatih, akan melihatkan hasil yang baik," ungkap Ronaldo.

"Teruslah rendah hati dan menjaga akhlak selama bergaul dimana saja. Apapun yang diterima adalah semuanya karena anugrah dan berkah Allah SWT. Memperbanyak bersyukur maka nikmat akan ditambah oleh Nya," kata Ronaldo menuturkan.

Dikatakan Ronaldo, dalam kegiatan-kegiatan seni di SMA N 1 Sentajo Raya, Alfi Adrias, S.Pd sebagai Kepala SMA N 1 Sentajo Raya tersebut, sangat mendukung. Apapun kegiatan siswa di sekolah, selagi tidak mengganggu kepada waktu belajar.

Selain itu, lanjut Ronaldo mengatakan, Alfi Adrias selalu mendorong bakat-bakat siswa sehingga apapun minat dan bakat siswa akan diarahkannya. Dengan tujuan agar kemampuan siswa bisa terasah dan mempunyai pengalaman dibidangnya.

Di samping itu, menurut Ronaldo, bila ada seorang anak yang berprestasi, baik akademik dan non akademik, tentunya orang tua akan bangga nantinya.

"Keberhasilan anak, tentu dari keberhasilan orang tuanya," ungkap Ronaldo.

"Dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan seni hidup menjadi indah, dengan agama hidup menjadi berfaidah dan terarah. Selagi hidup dunia buatlah hidup menjadi bermakna agar kelak meninggalkan kesan yang baik ketika kita telah tiada. Salam Budaya," demikian kata pembina Sanggar Seni Kuantan Mekar, Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd menyampaikan. (*)






Tulis Komentar