Gugus Depan 03.039-04.040 SMPN 1 Tualang Menuju Gugus Depan Ramah Lingkungan

Lingkungan hidup merupakan faktor utama keberlanjutan kehidupan manusia di muka bumi. Pengelolaan lingkungan hidup termasuk sumber daya alam yang tepat, akan mampu memberikan manfaat bagi kehidupan manusia generasi sekarang dan mendatang.

Kilasriau.com - Lingkungan hidup merupakan faktor utama keberlanjutan kehidupan manusia di muka bumi. Pengelolaan lingkungan hidup termasuk sumber daya alam yang tepat, akan mampu memberikan manfaat bagi kehidupan manusia generasi sekarang dan mendatang.

Sebaliknyaeksploitasi sumber daya alam, gaya hidup yang konsumtif, kurangnya pengetahuan dan kesadartahuan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan, menjadi penyebab kerusakan lingkungan hidup yang dapat mengancam keberlanjutan kehidupan termasuk manusia di bumi.

Salah satu tujuan dari Gerakan Pramuka adalah melestarikan lingkungan hidup. Hal tersebut juga di tegaskan dalam Prinsip Dasar Kepramukaan yaitu, peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya.

Berlandaskan kebijakan tersebut, jelaslah Gerakan Pramuka memiliki peran yang penting dalam menjaga, memelihara, dan mengelola lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Terkait melestarikan lingkungan, SMP Negeri 1 Kecamatan Tualang, Siak, mengikuti perlombaan Gugus Depan Ramah Lingkungan yang akan dijadwalkan pada bulan Nopember 2022 mendatang. Diketahui Pangkalan SMP Negeri 1 Tualang adalah Gugus Depan 03.039 dan 04.040.

"Kegiatan ini diikuti sekaligus menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial dalam diri anggota Gerakan Pramuka, agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur, memahami kondisi lingkungan dan masyarakat," kata Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tualang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gudep, Nurjamilah SPd,MPd didampingi Ka Gudep Putra Amaluddin S.Kom, dan Ka Gudep Putri Naimah, SPd, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan tersebut juga meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi anggota Gerakan Pramuka mengenai berbagai masalah yang terkait dengan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

"SMP Negeri 1 Tualang berkomitmen memdukung dan ikut serta dalam melestarikan lingkungan hidup, serta menjadi Garda Terdepan  dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Salah satunya dengan menjalankan Program Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Siak dan Program Gugus Depan dan sekolah yaitu Gugus Depan Ramah Lingkungan. Sebagai elemen yang penting Gudep pangkalan SMPN 1 Tualang pada tahun ini 2022 turut serta dalam Lomba Gugus Depan Ramah Lingkungan," jelas Nurjamilah.

Nurjamilah memaparkan tekhnis kegiatan ini diawali dengan musyawarah Gugus Depan yang melibatkan Komite, hingga terpilih Ka Gudep, dan menyusun Program Gudep.

"Kita gelar musyawarah terlebih dahulu dengan Komite. Yang menjadi Visi dari Gugus Depan adalah Terwujudnya Peserta didik unggul dalam mutu berkarakter, berakhlak mulia, berbudaya dan berwawasan lingkungan," ungkapnya.

Nurjamilah berharap Gugus Depan mampu menjadi tempat pendidikan nilai-nilai perbaikan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan bagi anggota muda Gerakan Pramuka.

"Harapan kita bersama adalah Gudep sebagai wadah nilai -nilai perbaikan, perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup yang kontinyu," pungkasnya.

Sekedar informasi, Pangkalan SMP Negeri 1 Tualang melaksanakan kegiatan pembersihan kolam ikan, membersihkan taman kelas yang disebut sebagai kegiatan bakti sosial serta kegiatan pembuatan pupuk kompos.






Tulis Komentar