Final Festival Pacu Jalur Tradisional Kuansing, Tuah Keramat Sialang Soko Berhasil Bawa Gelar Juara 1 ke Inhu

TELUK KUANTAN – Dalam perhelatan akbar masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Festival Pacu Jalur Tradisional Kuansing, Riau tahun 2022, berhasil diraih peringkat pertama oleh jalur yang berasal dari kota Raja kabupaten Indragiri Hulu, yakni Tuah Keramat Sialang Soko.

Tuah Keramat Sialang Soko dari desa Setako Raya, kecamatan Peranap, kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mendapatkan predikat sang juara setelah berhasil menaklukkan dan meninggalkan lajunya Toduang Biso Rimbo Piako asal Pebaun Hilir, Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi.

Babak final festival pacu jalur tradisional Kuansing itu berlangsung pada Kamis 25 Agustus 2022 di Tepian Narosa, Sungai Indragiri Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau.

Sementara juara ketiga dari laga tanding pacu jalur tersebut juga diraih oleh jalur yang berasal dari kota bersejarah itu, Tuah Keramat Bukit Embun desa Gumanti kecamatan Peranap Kabupaten Inhu.

Laga Tanding Final Pacu Jalur

Dalam gelaran final Pacu Jalur tersebut, sebanyak 12 jalur yang beradu kecepatan yang sengit menembus ambang batas finish saat final Pacu Jalur Tradisional Kuansing 2022 di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kuansing, Riau, Kamis 25 Agustus 2022 dengan sorak sorai riuh penonton memberi support.

Dimana, pada putaran pertama, yang berada di haluan sebelah kiri adalah jalur Langkah Siluman Buoyo Danau, Tunas Muda Koni Kuansing dan Rajo Bujang, serta Tuah Keramat Sialang Soko, Singa Ngarai, serta Putra Sulung Indragiri.

Sementara, jalur Singo Kuantan, Ratu Sialang, Siposan Rimbo, Bintang Emas Cahaya Intan, Tuah Keramat Bukit Embun, dan Toduang Biso Rimbo Piako berada di haluan jalan sebelah kanan.

Terlihat pada putaran pertama ini, jalur Langkah Siluman Buayo Danau berhasil mengalahkan jalur Singa Kuantan. Sedangkan jalur Tunas Muda Kuansing juga berhasil mengalahkan Ratu Sialang.

Selanjutnya jalur Rajo Bujang tumbang oleh jalur Siposan Rimbo, dan Tuah Keramat Sialang Soko berhasil lumpuhkan Bintang Emas Cahaya Intan. Sementara Singa Ngarai ditaklukkan oleh Tuah Keramat Bukit Embun. Kemudian Putra Sulung Indragiri juga bertekuk lutut menghadapi Toduang Biso Rimbo Piako.

Yang mana, dalam konfrontasi jalur ini, pada putaran kedua menyisakan enam jalur yang akan bergelut untuk mencapai ke pada putaran ketiga, empat jalur dari kabupaten Kuansing dan dua jalur dari Kabupaten Inhu.

Dimana, saat putaran kedua ini, Toduang Biso Rimbo Piako yang berada di haluan jalan sebelah kanan mengalahkan Langkah Siluman Buayo Danau di haluan sebelah kiri.

Pada pertandingan lain, Tuah Keramat Bukit Embun yang berada di haluan sebelah kanan juga berhasil meninggalkan lajunya Tunas Muda Koni Kuansing yang berada di haluan jalan sebelah kiri.

Sementara, jalur yang berasal dari kabupaten tetangga, Indragiri Hulu, Tuah Keramat Sialang Soko menempati haluan jalan sebelah kiri yang secara mengejutkan berhasil menaklukkan Siposan Rimbo di haluan jalan sebelah kanan.

Melaju pada putaran ketiga, yaitu putaran final segitiga yang hanya menyisakan 3 jalur. Adapun jalur yang akan berlaga di antaranya Toduang Biso Rimbo Piako dari Pebaun Hilir Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuansing, Tuah Keramat Bukit Embun dari Gumanti Kecamatan Peranap Kabupaten Inhu, dan Tuah Keramat Sialang Soko dari Setako Raya Kecamatan Peranap Kabupaten Inhu.

Pada putaran Final segitiga ini, Toduang Biso Rimbo Piako berhasil mengantarkan jalur Tuah Keramat Bukit Embun pada peringkat ke tiga pada Festival Pacu Jalur Tradisional Kuansing 2022 ini.

Namun siapa sangka pada putaran terakhir, Toduang Biso Rimbo Piako tergelincir saat berahadapan dengan Tuah keramat Sialang Soko dan mau tak mau harus menerima kedudukan yang berada di posisi peringkat kedua.

Berikut daftar juara Pacu Jalur 2022 pada Festival Facu Jalur yang berlangsung 21-25 Agustus 2022

1. Tuah Keramat Sialang Soko (Setako Raya, Peranap, Inhu)
2. Toduang Biso Rimbo Piako (Pebaun Hilir, Kuantan Mudik, Kuansing)
3. Tuah Keramat Bukit Embun (Gumanti, Peranap, Inhu)
4. Siposan Rimbo (Pauh Angit, Pangean, Kuansing)
5. Langkah Siluman Buayo Danau (Sitorajo, Kuantan Tengah, Kuansing)
6. Tunas Muda Koni Kuansing (Kuansing)
Singa Kuantan (Sungai Pinang, Hulu Kuantan, Kuansing)
7. Rajo Bujang (Padang Tanggung, Pangean, Kuansing)
8. Bintang Emas Cahaya Intan (Tanjung, Hulu Kuantan, Kuansing)


9. Putra Sulung Indragiri (Alang Kepayang, Rengat Barat, Inhu)
10. Singa Ngarai (Pulau Kalimanting, Benai, Kuansing)
11. Ratu Sialang (Bukit Kauman, Kuantan Mudik, Kuansing).(*)

 






Tulis Komentar