Acara Pembukaan Event Pacu Jalur Kebudayaan

Plt Bupati: Pariwisata Kuantan Mudik Harus Terkoneksi dengan Wisata Agar Turis Tidak Bosan

LUBUK JAMBI, KUANSING - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi Drs. H Suhadirman Amby, Ak.,MM membuka secara langsung Event Pacu Jalur Kebudayaan di Tepiaan Saydina Ali Desa Luai Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Sabtu (06/08/2022).

Dalam kegiatan pembukaan pacu jalur event kebudayaan ini dihadiri oleh Plt Bupati Kuansing Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM, Sekda Kuansing H Dedi Sambudy, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Okhta Dinata, SIK.,MSi, Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo, SH.,MH,  Kadis Pariwisata Drs. Azhar, MM, Camat Kuantan Mudik, Sadarisma, S.STP, Waka I DPRD Kuansing Zulhendri, Waka II DPRD Kuansing Drs. Juprizal, anggota DPRD Kuansing Gusmir Indra, Gamal Harsum, dan Anggota DPRD Kuansing Azrori juga selaku Ketua Panitia Event Pacu Jalur di Kecamatan Kuantan Mudik.

Ketua panitia event Pacu Jalur Kebudayaan, Azrori Analke menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Plt Bupati yang telah berkesempatan hadir dalam giat pembukaan pacu jalur event kebudayaan di kecamatan Kuantan Mudik ini.

"Alhamdulillah Kegiatan ini bisa kita laksanakan dengan sukses, karna sudah tiga tahun kita tidak melaksanakan kegiatan Pacu Jalur ini. Kegiatan ini juga dilakukan dengan pembukaan selubung dengan mengenalkan sosok Pahlawan Saydina Ali dan dihadiri juga oleh keluarga Almarhum Saydina ali," Kata Ketua Panita Pacu Jalur Kuantan Mudik Azrori.

Azrori juga mengatakan, event Pacu Jalur ini diikuti oleh 66 jalur yang akan berpacu, dan
untuk malam nanti juga ada acara kebudayaan, yaitu Rarak dan Silek Pangean (Silat Pangean).

"Malam nanti di adakan acara Kebudayaan dengan menampilkan Rarak dan Silek Pangean. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat Kuantan mudik atas terlaksananya dan lancarnya kegiatan pembukaan event pacu jalur ini," begitu ucap Ketua Panitia Event Pacu Jalur Kuantan Mudik Azrori Analke apas.

Camat Kuantan Mudik, Sadarisna S.STP, dalam sambutannya menyampaikan harapan efek domino terhadap perekonomian masyarakat, dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung kegiatan pacu jalur ini.

"Selamat bertanding kepada Jalur-jalur yang berpacu agar menjaga Sportivitas dalam bertanding, dan terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat Kuantan Mudik yang telah mendukung kegiatan pacu jalur ini," kata camat Kuantan Mudik, Sadrisna S.STP.

Sementara, Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam giat itu menyampaikan dengan dibukanya event pacu jalur Kebudayaan ini membuat kerinduaan masyarakat kuansing untuk menonton pacu jalur.

"Paket Pariwisata Kuantan Mudik harus terkoneksi dengan wisata-wisata sehingga ada keunikannya. Penonton dan Turis Domestik bisa melihat Air terjun Guruh gemurai, dan batang koban. Dalam hal ini, Kuantan Mudik bisa dibuat pusat kulinernya juga agar turis domestik tidak hanya menonton pacu jalur saja," kata Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby mengatakan.

Plt Bupati Kuansing mengatakan, bahwa selain Event Kebudayaan Pacu Jalur, kita tampilkan juga Randai Rarak, Calempong, dan Silat Pangean. Dengan begitu, para penonton pacu jalur ini yang berasal dari luar tidak bosan.

"Kita buat kemasan-kemasan yang membuat turis domestik tidak bosan,  intinya kita buat perputaran ekonomi, sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat," kata Suhardiman Amby menjelaskan.

H Suhardiman Amby berharap ke depannya agar menganggarkan lagi untuk UMKM yang diterkoneksi sehingga para pedagang dimudahkan mengembangkan usahanya.

"Kedepannya UMKM kita Anggarkan dan dikoneksikan juga sehingga membuat pedangang mudah berdagang, dan lapak-lapak pedagang kita gratiskan dan kita berikan  bantuan modal juga," demikian Plt Bupati Kuansing Drs. H Suhrdiman Amby, Ak.,MM menyampaikan.(*)






Tulis Komentar