IPSI Kuansing Gelar Kejurkab, Seleksi Atlet Guna Menyongsong Porprov Riau Ke-X

Foto : Solehudin, S.Sos ( Ketua Umum IPSI Kuantan Singingi)

TELUK KUANTAN - Jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-X Riau, di Kabupaten Kuantan Singingi  (Kuansing) tahun 2022, Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kuansing telah memulai untuk melakukan seleksi atlet dengan akan melaksanakan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) tahun 2022. 

Kejurkab Pencak Silat IPSI Kuantan Singingi Tahun 2022, adalah Kejurkab perdana Kuansing yang akan dibuka langsung oleh Plt Bupati Kuansing, Drs H. Suhardiman Amby, Ak.,MM, dan akan dihadiri oleh seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kuansing pada Jum'at (25/02/2022) di Aula SMA Negeri Pintar Teluk Kuantan.

Ketua Umum IPSI Kuansing, Solehudin, S.Sos kepada pewarta KilasRiau.com pada Rabu (23/02/2022) sore, di Teluk Kuantan, mengatakan bahwa, pekan olahraga Kejurkab ini merupakan laga tanding kejuaraan kabupaten perdana yang merebutkan piala Bupati. Hal ini juga salahsatu ajang silaturrahmi dan juga untuk mencari bibit atlet pencak silat di kabupaten Kuantan Singingi guna menyongsong Porprov ke-X nantinya.

Dikatakannya, kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut juga diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan, baik itu para atlet, tamu undangan bahkan para suporter.

Dalam hal ini, Solehudin berharap kepada seluruh atlet yang akan berlaga di kejurkab nanti agar menampilkan keahlian terbaik yang dimiliki, karena menurut Solehudin yang juga merupakan Wakil Rakyat tersebut, kejuaraan ini selain untuk menjalin silaturahmi antar sesama atlet dan perguruan juga mencari atlet-atlet pencak silat terbaik untuk memperkuat kontingen Kuansing guna menyongsong Porprov ke-X yang tentunya kita sendiri menjadi tuan rumahnya. 

"Kami berharap, dalam Kejurkab nanti para atlet pencak silat menampilkan keahliannya masing-masing," begitu harapan Solehudin.

"Kejurkab ini, selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk ajang seleksi atlet dalam menyongsong Porprov ke-X Riau nanti," lanjut Solehudin menjelaskan.

Di samping itu Solehudin juga menyampaikan, bahwa ada juga atlet dari Pekanbaru yang selama ini dalam pembinaan IPSI, juga akan didatangkan nantinya dalam laga kompetisi pencak silat di kejurkab Kuansing ini. 

"Karena atlet yang dari perguruan sekarang ini kita bina, akan kita kompetisikan dengan atlet IPSI yang beberapa tahun lalu kita bina juga, nah ini memang ajang kompetisi yang sangat sengit sekali, sehingga nanti bisa memperoleh atlet-atlet yang berkualitas di pencak silat ini," begitu disampaikan Ketua Umum IPSI Kuansing Solehudin, S.Sos.

Solehudin, S.Sos, berpesan kepada para atlet dari seluruh perguruan pencak silat yang ada, yang tergabung di IPSI dan berlaga tanding dalam kompetisi kejurkab IPSI 2022, agar dapat selalu menjaga sportifitas dalam bertanding dan selalu menjaga silaturrahmi antara atlet dan perguruan.

"Jaga sportifitas, dan kekeluargaan. Karena di kompetisi silat ini memang kita bertanding, tetapi pada dasarnya, akhirnya bermuara pada silaturrahmi. Sebab dalam kompetisi ini, kita bukan mencari menang kalahnya, tetapi yang paling penting adalah kebersamaan silaturrahmi kita. Sesuai dengan makna silat itu sendiri," demikian Solehudin menuturkan.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejurkab IPSI 2022, Lexto Miranda, S.Sos saat dikonfirmasi pewarta KilasRiau.com via seluler menyampaikan, bahwa Kejurkab ini akan dilaksanakan selama tiga hari, yang dimulai pada tanggal 25 hingga 27 Februari 2022. 

Lexto Miranda yang kerap disapa bang Alex itu menjelaskan, maksud dan tujuan digelarnya kejurkab ini adalah sebagai bentuk upaya untuk membudayakan dan melestarikan serta mengembangkan budaya Bangsa Indonesia yaitu Pencak Silat, sebagai bentuk pembinaan yang berkesinambungan bagi para Atlet yang potensial, dan mempersiapkan atlet-atlet Pencak Silat yang potensial. Hal ini juga dalam rangka mempersiapkan atlet-atlet IPSI Kabupaten Kuantan Singingi menghadapi kejuaraan-kejuaraan Pencak Silat dan Sebagai ajang Pembentukan tim IPSI Kuansing untuk menghadapi Prakualifikasi Porprov ke-X Riau 2022 mendatang.

Alex berharap, dalam acara Kejuaraan Kabupaten IPSI Kuantan Singingi Tahun 2022 ini, para atlet pencak silat bisa serius bertanding karena pertandingan ini merupakan penjaringan dalam upaya mencari bibit atlet pencak silat sebagai persiapan untuk Porprov Riau ke-X mendatang.

"Semoga acara kejurkab ini berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Semoga kita mempunyai atlet-atlet yang tangguh dan berprestasi di Porprov yang akan di selenggarakan di Kuansing, yang menjadi Tuan rumah," begitu diharapkan Ketua Panitia Pelaksana Kejurkab IPSI Kuansing Tahun 2022, Lexto Miranda, S.Sos.

Kepada para atlet, sambung Alex, "tetap semangat, jaga keselamatan, tingkatkan sportifitas, karna Kita semua Saudara," demikian kata Alex berpesan.** 






Tulis Komentar