Pemdes Tanjung Dukung Program Pemprov serta Visi Misi Pemkab Kuansing

TANJUNG – Dalam rangka meningkatkan kelancaran akses masyarakat untuk menunjang perekonomian, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Kecamatan Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, membangun jalan sepanjang 142 meter.



Dimana anggaran dana yang dipergunakan untuk pembangunan tersebut, dibangun melalui anggaran dana dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Pemerintah Provinsi Riau Tahun Anggaran 2021. Yang pemberdayaannya oleh Pemdes Tanjung mengutamakan masyarakat desa tersebut untuk melakukan pengecoran/betonisasi jalan yang dalam perencanaan pembangunannya menuju Sungai Sorik yang merupakan akses jalan ke desa Tanjung.

Pengecoran jalan ini bertujuan agar nantinya akan berfungsi untuk mempermudah akses jalan warga untuk pertanian, memperlancar aktivitas warga dan antar desa. Setelah akses jalannya membaik, maka aktivitas warga pun menjadi lancar. Sebab, akses jalan menjadi faktor penting dalam distribusi hasil pertanian dan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat di desa Tanjung.

Kepala desa Tanjung, Fairus, menyampaikan hal tersebut kepada awak media disela peninjauan dan pengawasannya terhadap pengerjaan jalan yang sudah finishing tersebut, pada Sabtu (18/12/2021) di lokasi pembangunan Jalan Usaha Tani menuju areal lahan pertanian warganya tersebut.



”Alhamdulillah, pembangunan Jalan Usaha Tani sepanjang 142 meter dengan anggaran dana Rp. 66 juta dari dana BKK Provinsi Riau Tahun 2021 sudah selesai pengerjaannya hari ini,” kata Fairus.

Menurutnya, pembangunan insfratruktur desa memang saat ini belum maksimal, lantaran keterbatasan anggaran. Oleh karenannya, pembangunan dilakukan secara bertahap, dan akan dilanjutkan kembali hingga sampai ke desa tetangga.



"Karna segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai. Salah satunya yakni akses jalan. Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian, khususnya warga desa Tanjung dan masyarakat pada umumnya," begitu kata Fairus membeberkan.

Selain jalan tersebut, sambung Fairus, dana BKK Provinsi Riau itu juga dianggarkan Pemerintahan Desa Tanjung untuk operasional Rumah Tahfiz, dimana hal itu sebagai wujud dukungan terhadap program Pemerintah Provinsi Riau serta Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi saat ini.



”Pemerintahan Desa juga memberikan alokasi dana yang bersumber dari BKK Provinsi Riau ini untuk biaya operasional kegiatan Rumah Tahfiz Al Falah Desa Tanjung,” ujar Fairus.

Dimana sementara waktu ini, lanjutnya, kegiatan Rumah Tahfiz Al Falah Desa Tanjung di tempatkan di Surau Mukhlisin hingga tersedianya lahan untuk pembangunan Rumah Tahfiz dan bisa dibangun nantinya, demikian tutur Fairus menyampaikan.

Sementara itu, salah seorang warga desa Tanjung, Nek Sidal (72), yang dijumpai awak media di lokasi pembangunan Jalan Usaha Tani tersebut, ia mengatakan bahwa sangat senang dengan adanya pembangunan jalan ini sehingga memudahkan masyarakat menuju ke areal lahan pertaniannya.



”Sangat senang dengan pembangunan jalan ini, sekarang sudah semen, dulu tak ada jalan, cuma setapak lewat kebun orang (warga), pas hujan berlumpur,” terangnya.

Nek Sidal juga mendo’akan hal terbaik untuk Kepala Desa Tanjung Fairus, yang selama ini dinilainya selalu peduli dan perhatian terhadap keluh kesah yang terjadi ditengah masyarakatnya.

”Pak Wali (Kepala Desa) selalu peduli dengan kami, semoga sehat selalu dan murah rezekinya,” ucap Nek Sidal mendo’akan.*






Tulis Komentar